• Produk
  • Promo
  • Artikel

Cadangan Internasional

Alat pembayaran internasional yang dapat diterima di setiap bank sentral, terutama dalam bentuk emas, mata uang tertentu (seperti dolar), dan instrumen yang bernama special drawing rights (SDR) di lembaga International Monetary Fund (IMF) (international reserves).

Otoritas Jasa Keuangan

Apa Itu Cadangan Internasional?

Cadangan internasional adalah aset eksternal yang tersedia untuk dan dikendalikan oleh otoritas moneter suatu negara yang bisa digunakan oleh bank sentral di seluruh dunia secara internasional. Cadangan internasional tetap merupakan bentuk pembayaran yang dapat diterima di antara bank-bank ini. Menurut Dana Moneter Internasional (IMF), cadangan internasional terdiri dari mata uang asing, cadangan emas, Special Drawing Rights (SDR) dan posisi cadangan IMF. Banyak negara juga menggunakan cadangan internasional untuk mendukung kewajiban, termasuk mata uang lokal, serta deposito bank. 

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Cadangan Devisa

Cadangan dalam satuan mata uang asing yang dipelihara oleh bank sentral untuk memenuhi kewajiban keuangan karena adanya transaksi internasional (reserve currency).

Selengkapnya

Bank Sentral

"bank n"

Selengkapnya

Cadangan

"anjuran; persediaan, serep; rancangan, rencana; penyisihan dana yang berasal dari kelebihan atau dari laba yang tidak dibagi-bagikan dan sebagainya."

Selengkapnya

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo