• Produk
  • Promo
  • Artikel

Cadangan Devisa

Cadangan dalam satuan mata uang asing yang dipelihara oleh bank sentral untuk memenuhi kewajiban keuangan karena adanya transaksi internasional (reserve currency).

Otoritas Jasa Keuangan

Cadangan devisa (bahasa Inggris: foreign exchange reserves) adalah aset yang dimiliki oleh bank sentral dan otoritas moneter, biasanya dalam mata uang cadangan yang berbeda, sebagian besar dolar Amerika Serikat, dan pada tingkat lebih rendah Euro, Poundsterling, dan yen Jepang, dan digunakan untuk mendukung kewajibannya, misalnya, mata uang lokal yang dikeluarkan, dan berbagai cadangan bank yang disimpan pada bank sentral, oleh pemerintah atau lembaga keuangan.

Wikipedia

Apa Itu Cadangan Devisa?

Cadangan devisa adalah aset yang disimpan pada cadangan oleh bank sentral dalam mata uang asing. Cadangan ini digunakan untuk mendukung kewajiban dan mempengaruhi kebijakan moneter. Ini termasuk uang asing yang dipegang oleh bank sentral.

Jenis-jenis Cadangan Devisa

  1. Valuta Asing – Valuta Asing adalah mata uang yang mudah digunakan dan diterima dalam dunia perdagangan internasional. Mata uang asing ini tidak berlaku sebagai alat pembayaran yang sah untuk transaksi dalam negeri, tetapi banyak digunakan dalam transaksi dan keuangan internasional.
  2. Emas Moneter – Emas moneter adalah persediaan emas yang dimiliki oleh Bank Indonesia yang berupa emas batangan dengan persyaratan internasional tertentu. Selain emas batangan, bisa juga berbentuk emas murni, dan mata uang emas yang berada di dalam maupun luar negeri.
  3. Special Drawing Rights (SDR) – SDR sebagai bentuk alokasi dana merupakan suatu fasilitas yang diberikan International Monetary Fund (IMF) kepada anggotanya. Fasilitas ini memungkinkan bertambah atau berkurangnya cadangan devisa negara-negara anggota. Tujuannya untuk menambah likuiditas internasional. 
  4. Reserve Position in the Fund (RPF) – RPF adalah cadangan devisa dari suatu negara di rekening IMF. Nilainya akan menunjukkan posisi kekayaan dan tagihan negara tersebut kepada IMF sebagai hasil transaksi negara tersebut dengan IMF.
  5. Tagihan Lainnya – Tagihan yang tidak termasuk dalam kategori sebelumnya. Harga pasar untuk tagihan seperti penyertaan dan kurs SDR ditentukan oleh IMF. Transaksi emas moneter dinilai berdasarkan harga pasar transaksi yang mendasarinya, sedangkan untuk penilaian posisi cadangan devisa dipergunakan harga pasar yang berpengaruh pada akhir periode.

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Devisa

"n: alat pembayaran luar negeri yang dapat ditukarkan dengan uang luar negeri."

Selengkapnya

Cadangan

"anjuran; persediaan, serep; rancangan, rencana; penyisihan dana yang berasal dari kelebihan atau dari laba yang tidak dibagi-bagikan dan sebagainya."

Selengkapnya

Valuta Asing

"N mata uang asing yang digunakan dalam perdagangan internasional."

Selengkapnya

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo