• Produk
  • Promo
  • Artikel

Bursa Efek Indonesia (IDX)

Apa itu IDX/Bursa Efek Indonesia?

Bursa Efek Indonesia (BEI), tercipta akibat merger-nya Bursa Efek Jakarta (BEJ) dan Bursa Efek Surabaya (BES), BEI menangani transaksi efek di negara ini. 

BEJ adalah bursa efek pertama di Indonesia, didirikan pada tahun 1912 untuk kepentingan Perusahaan India Timur Belanda. Bursa Efek Jakarta ditutup selama bagian dari Perang Dunia I dan II. Ketika dibuka kembali pada tahun 1952, satu-satunya keamanan yang dipertukarkan adalah obligasi pemerintah Indonesia. Pertukaran menjadi aktif dari tahun 1956-1977, dan meskipun diaktifkan kembali pada tahun 1977, aktivitas perdagangan terus melambat, dengan hanya beberapa lusin perusahaan yang terdaftar.

Perubahan regulasi antara 1988 dan 1992 meningkatkan aktivitas perdagangan. Bursa memperkenalkan sistem perdagangan otomatisnya pada tahun 1995 dan mulai menerapkan perdagangan jarak jauh pada tahun 2002. Pada tahun 2007, Bursa Efek Jakarta bergabung dengan Bursa Efek Surabaya untuk membentuk Bursa Efek Indonesia.

Dengan saham yang terdaftar memiliki kapitalisasi pasar lebih dari $ 350 miliar, bursa telah mengalami peningkatan volume perdagangan. "BEI merayakan masa keemasannya pada tahun 2016 dengan mencatat pertumbuhan di hampir setiap aspek pasar modal termasuk kapitalisasi pasar, jumlah ekuitas dan modal utang yang meningkat selama tahun tersebut, dan puncak tertinggi yang pernah dicatat untuk transaksi saham dalam hal nilai perdagangan harian rata-rata, volume dan frekuensi, "kata BEI dalam laporan tahunan 2016-nya.

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Investasi

“Penanaman uang atau modal dalam suatu perusahaan atau proyek untuk tujuan memperoleh keuntungan.”

Selengkapnya

Manajer Investasi

"Manajer Investasi adalah pihak yang kegiatan usahanya mengelola Portofolio Efek untuk para nasabah atau mengelola portofolio investasi kolektif untuk sekelompok nasabah, kecuali perusahaan asuransi, dana pensiun, dan bank yang melakukan sendiri kegiatan usahanya berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku."

Selengkapnya

Reksa Dana

"Reksa Dana adalah wadah untuk menghimpun dana masyarakat yang dikelola oleh badan hukum yang bernama Manajer Investasi, untuk kemudian diinvestasikan ke dalam surat berharga seperti : saham, obligasi, dan instrumen pasar uang."

Selengkapnya

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo