• Produk
  • Promo
  • Artikel
Kamus Keuangan

Bunga Ditambahkan

Metode perhitungan pembayaran bunga dengan menggunakan persentase terhadap pokok pinjaman yang diinginkan untuk menghitung biaya bunga; biaya bunga itu kemudian ditambahkan pada utang pokok untuk menghitung jumlah yang harus dibayar oleh peminjam (ad-on rates; ad-on interest).

Otoritas Jasa Keuangan

Apa itu Bunga Ditambahkan?

Bunga yang ditambahkan atau add-on interest adalah metode penghitungan bunga yang harus dibayar atas pinjaman dengan menggabungkan total jumlah pokok pinjaman dan total bunga yang jatuh tempo menjadi satu angka, kemudian mengalikan angka itu dengan jumlah tahun untuk pembayaran. Totalnya kemudian dibagi dengan jumlah pembayaran bulanan yang akan dilakukan. Hasilnya adalah pinjaman yang menggabungkan bunga dan pokok menjadi satu jumlah jatuh tempo.

(Total jumlah Pokok Pinjaman + Total Bunga Jatuh Tempo) x Jumlah Tahun Pembayaran / Jumlah Pembayaran Bulanan

Add-on interest jauh lebih mahal bagi peminjam daripada perhitungan bunga sederhana tradisional dan jarang digunakan dalam pinjaman konsumen. Pinjaman bunga tambahan kadang-kadang dapat digunakan dalam pinjaman cicilan jangka pendek dan pinjaman untuk peminjam subprime.

Sebagian besar pinjaman disebut pinjaman bunga sederhana — yaitu, bunga yang dibebankan berdasarkan jumlah pokok yang terhutang setelah setiap pembayaran dilakukan. Pembayaran mungkin identik dalam ukuran dari bulan ke bulan, tetapi itu karena pembayaran pokok meningkat seiring waktu sementara bunga yang dibayarkan menurun.

Jika konsumen melunasi pinjaman bunga sederhana lebih awal, tabungan bisa sangat besar. Jumlah pembayaran bunga yang akan dilampirkan ke pembayaran bulanan di masa depan telah dihapus secara efektif.

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Biaya

“Pengeluaran atau pengorbanan yang tak terhindarkan untuk mendapatkan barang atau jasa dengan tujuan memperoleh maslahat; pengeluaran untuk kegiatan, tujuan, atau waktu tertentu, seperti ongkos pengiriman, pengepakan, dan penjualan dimaksudkan untuk memperoleh penghasilan dalam laporan laba rugi perusahaan, komponen biaya merupakan pengurang dari pendapatan pengertian biaya berbeda dengan beban semua biaya adalah beban, tetapi tidak semua beban adalah biaya.”

Selengkapnya

Bunga

"n Ek imbalan jasa untuk penggunaan uang atau modal yang dibayar pada waktu tertentu berdasarkan ketentuan atau kesepakatan, umumnya dinyatakan sebagai persentase dari modal pokok."

Selengkapnya

Angsuran Tetap

"Pembayaran kewajiban dalam jumlah tetap dalam periode tertentu tanpa memperhitungkan jenis, jumlah pemakaian, pembelian, dan sebagainya; sin. tarif tetap."

Selengkapnya

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo