• Produk
  • Promo
  • Artikel

Bunga Bank

Bunga bank suku bunga atau tarif yang dibenarkan oleh bank atas pinjaman uang.

Kamus Besar Bahasa Indonesia

Sejumlah imbalan yang diberikan oleh bank kepada nasabah atas dana yang disimpan di bank yang dihitung sebesar persentase tertentu dari pokok simpanan dan jangka waktu simpanan ataupun tingkat bunga yang dikenakan terhadap pinjaman yang diberikan bank kepada debiturnya (bank interest).

Otoritas Jasa Keuangan

Apa itu Bunga Bank?

Bunga bank adalah biaya yang dibayarkan saat membayar jasa atas peminjaman uang yang diberikan oleh bank dalam periode tertentu. Bunga ditentukan melalui persentase dari jumlah simpanan atau jumlah pinjaman.

Jenis Bunga Bank

Bunga Bank sendiri terbagi atas suku bunga kredit dan suku bunga tabungan. Suku bunga kredit merupakan harga tertentu yang harus dibayarkan nasabah kepada bank sebagai balas jasa atas pinjaman yang diperoleh. Sementara, suku bunga tabungan adalah jumlah tertentu yang dibayarkan oleh bank kepada nasabah sebagai balas jasa atas simpanan yang dilakukannya.

Dalam dunia perbankan sendiri, jenis suku bunga bank diperinci lagi menjadi lima jenis yang berbeda, yaitu:

  • Suku bunga tetap (fixed): Suku bunga tetap atau fixed adalah suku bunga yang sifatnya tetap dan tidak berubah sampai jangka waktu tertentu atau sesuai dengan tanggal jatuh tempo yang telah ditentukan (selama jangka waktu kredit berlangsung). Suku bunga ini tidak akan mengalami kenaikkan meskipun suku bunga di pasar naik atau mengalami perubahan. Beberapa contoh dari suku bunga tetap adalah KPR Rumah Murah atau Bersubsidi dengan suku bunga tetap, kredit kendaraan bermotor, dan lain sebagainya yang menerapkan suku bunga tetap.
  • Suku bunga mengambang (floating): Suku bunga mengambang atau floating memiliki arti bahwa suku bunga akan terus berubah mengikuti suku bunga di pasaran. Apabila suku bunga di pasaran mengalami kenaikkan, maka suku bunga kredit perbankan juga ikut naik, dan begitu juga sebaliknya. Contoh dari jenis suku bunga ini adalah KPR untuk suatu periode tertentu, pinjaman modal usaha, atau kredit dengan jangka waktu panjang lainnya.
  • Suku bunga flat: Suku bunga flat merupakan suku bunga yang cara menghitungnya mengacu pada jumlah pokok pinjaman di awal untuk setiap periode cicilan. Suku bunga ini biasanya digunakan untuk kredit jangka pendek, barang-barang konsumsi seperti laptop, handphone, peralatan rumah tangga, hingga motor atau Kredit Tanpa Agunan (KTA) karena memiliki perhitungan yang sederhana.

    Cara menghitung suku bunga flat dapat menggunakan rumus di bawah ini:

    Bunga perbulan = (pokok pinjaman awal x suku bunga pertahun x jumlah tahun jangka waktu kredit) : Jumlah bulan jangka waktu kredit
  • Suku bunga efektif: Suku bunga efektif adalah suku bunga yang dianggap lebih adil untuk nasabah karena dihasilkan dari perhitungan sisa jumlah pokok pinjaman tiap bulannya seiring dengan menyusutnya utang yang telah dibayarkan. Semakin sedikit jumlah pokok pinjaman, maka semakin sedikit pula suku bunga yang harus dibayar. Cara menghitung suku bunga efektif dapat dilakukan dengan rumus di bawah ini:

    Bunga = Saldo pokok pinjaman bulan sebelumnya x suku bunga per tahun x (30/360)

  • Suku bunga anuitas: Suku bunga anuitas adalah suku bunga yang metode perhitungannya dilakukan untuk mengatur agar jumlah angsuran pokok yang ditambah dengan angsuran bunga yang dibayar sama setiap bulannya. Pada awal perhitungan anuitas, jumlah bunga akan jauh lebih besar dibandingkan dengan jumlah angsuran pokok. Namun sebaliknya, pada saat mendekati akhir jangka waktu kredit, porsi angsuran pokok akan menjadi sangat besar dan porsi bunga menjadi jauh lebih kecil. Suku bunga ini umumnya dicontohkan untuk pinjaman jangka panjang seperti KPR atau kredit investasi. Untuk cara menghitung suku bunganya sendiri sama rumusnya dengan suku bunga efektif, yaitu:

    Bunga = Saldo pokok pinjaman bulan sebelumnya x suku bunga per tahun x (30/360).

    Sementara untuk menghitung total angsuran dapat dilakukan dengan cara menambahkan angsuran pokok dengan angsuran bunga.

Fungsi & Manfaat Bunga Bank

Bunga bank sendiri memiliki fungsi dan manfaatnya tersendiri. Bagi bank, bunga berfungsi sebagai sumber pendapatan bagi bank. Misalnya saja saat bank menawarkan bantuan dalam bentuk kredit yang dapat dipinjam dengan syarat dan ketentuan berlaku bagi nasabah. Kredit yang dipinjam nantinya dibayarkan kembali ke bank dengan angsuran setiap bulan ditambah dengan suku bunga yang disepakati oleh kedua pihak saat perjanjian peminjaman. Jadi, bunga dari angsuran kredit pun bisa menjadi masukan bersih untuk bank.

Sementara, bagi nasabah sendiri bunga bank memiliki manfaat untuk menambah dana nasabah. Bank memerlukan nasabah untuk menghimpun dana, nasabah menyimpan dana dalam bentuk deposito. Bank biasanya memberikan bunga kepada nasabah sebagai tambahan jika saldo yang terdapat di dalam rekening lebih dari Rp500.000. Sementara, untuk deposito ada pilihan dimana penyimpanan dana yang dilakukan oleh nasabah bisa diambil sesuai dengan pilihan deposito berjangka yang dilakukan. Keuntungannya adalah adanya bunga yang dikalikan dengan penyimpanan deposito yang dilakukan oleh nasabah. Jadi saat deposito telah masuk masanya untuk diambil uang yang tadi disimpan akan bertambah karena bunga bank tersebut.

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Bunga

"n Ek imbalan jasa untuk penggunaan uang atau modal yang dibayar pada waktu tertentu berdasarkan ketentuan atau kesepakatan, umumnya dinyatakan sebagai persentase dari modal pokok."

Selengkapnya

Tabungan

"N tempat menabungkan uang; celengan,uang tabungan; uang simpanan."

Selengkapnya

Bank

“Badan usaha di bidang keuangan yang menarik dan mengeluarkan uang dalam masyarakat, terutama memberikan kredit dan jasa dalam lalu lintas pembayaran dan peredaran uang.”

Selengkapnya

Istilah Populer Terbanyak Dicari

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo