• Produk
  • Promo
  • Artikel

Bunga Akrual

Bunga yang telah diperhitungkan sebagai pendapatan atau biaya perusahaan, tetapi belum nyata diterima atau dibayar (accrued interest)

Otoritas Jasa Keuangan

Apa itu Bunga Akrual?

Dalam akuntansi, bunga akrual disebut sebagai bunga yang masih harus dibayar, yakni mengacu pada jumlah bunga yang telah dikeluarkan, pada tanggal tertentu, pada pinjaman atau kewajiban keuangan lainnya tetapi belum dibayarkan. Bunga akrual dapat berupa pendapatan bunga yang masih harus dibayar, untuk pemberi pinjaman, atau biaya bunga yang masih harus dibayar, untuk peminjam. Istilah bunga akrual juga dapat merujuk pada jumlah bunga obligasi yang telah diakumulasikan sejak terakhir kali pembayaran bunga obligasi dilakukan.

Bunga akrual dibayar dihitung pada hari terakhir periode akuntansi. Misalnya, bunga dibayarkan pada tanggal 20 setiap bulan, dan periode akuntansi adalah akhir dari setiap bulan kalender. Bulan April akan membutuhkan akrual bunga 10 hari, dari tanggal 21 hingga 30. Itu dicatat sebagai bagian dari entri jurnal penyesuaian pada akhir bulan.

Bunga akrual dilaporkan pada laporan laba rugi sebagai pendapatan atau beban, tergantung pada apakah perusahaan meminjamkan atau meminjam. Selain itu, bagian dari pendapatan atau beban yang belum dibayar atau dikumpulkan dilaporkan di neraca, sebagai aset atau kewajiban. Karena bunga yang masih harus dibayar diharapkan akan diterima atau dibayar dalam waktu satu tahun, itu sering diklasifikasikan sebagai aset lancar atau kewajiban lancar.

Bunga akrual merupakan pertimbangan penting saat membeli atau menjual obligasi. Obligasi menawarkan ganti rugi kepada pemilik atas uang yang mereka pinjamkan, dalam bentuk pembayaran bunga reguler. Pembayaran bunga ini, juga disebut kupon, umumnya dibayarkan setiap semester.

Jika obligasi dibeli atau dijual pada waktu selain dua tanggal tersebut setiap tahun, pembeli harus mengikuti ke jumlah penjualan bunga yang timbul sejak pembayaran bunga sebelumnya. Alasannya, pemilik baru akan menerima pembayaran bunga 1/2 tahun penuh pada tanggal pembayaran berikutnya. Oleh karena itu, pemilik sebelumnya harus dibayar bunga yang timbul sebelum penjualan.

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Bunga

"n Ek imbalan jasa untuk penggunaan uang atau modal yang dibayar pada waktu tertentu berdasarkan ketentuan atau kesepakatan, umumnya dinyatakan sebagai persentase dari modal pokok."

Selengkapnya

Obligasi

"n surat pinjaman dengan bunga tertentu dari pemerintah yang dapat diperjualbelikan."

Selengkapnya

Laporan Laba Rugi

"Ikhtisar yang memuat perincian pendapatan dan biaya suatu badan usaha pada periode tertentu yang menggambarkan rugi atau laba (profit and loss statement)."

Selengkapnya

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo