• Produk
  • Promo
  • Artikel
Kamus Keuangan

Buku Tabungan

“Buku yang dikeluarkan oleh bank yang mencantumkan jumlah simpanan nasabah pada rekening tabungan di suatu bank yang kepemilikannya dibuktikan dengan identitas yang tertulis pada buku dimaksud sehingga tidak dapat diperjualbelikan atau dipindahtangankan buku tersebut harus diperlihatkan pada setiap penyetoran maupun penarikan dan pada saat membukukan bunga; buku itu biasa juga disebut sebagai buku bank; di beberapa bank, buku bank sudah tidak digunakan, sebagai pengganti nasabah diberikan tembusan bukti penyetoran.”

Otoritas Jasa Keuangan

Apa itu Buku Tabungan?

Buku tabungan adalah salah satu bukti bahwa nasabah tersebut adalah nasabah penabung di bank tertentu. Setiap nasabah tabungan akan diberikan buku tabungan, yaitu buku yang menggambarkan mutasi setoran, penarikan dan juga saldo atas setiap transaksi yang terjadi.

Jenis-Jenis Tabungan

  1. Tabungan Konvensional: Tabungan konvensional adalah jenis tabungan yang dimiliki hampir oleh seluruh masyarakat Indonesia. Tabungan ini paling populer karena cara untuk mengajukannya mudah dan prosesnya sangat cepat.
  2. Tabungan Berjangka: Tabungan berjangka nasabah tidak bisa mengambil uang tersebut setiap saat. Di mana pengambilan uang hanya bisa dilakukan sesuai jadwal kesepakatan.
  3. Tabungan Anak: Pihak Bank menyediakan tabungan khusus anak dengan tampilan yang menarik. Anak-anak yang menabung dengan tampilan buku tabungan dan kartu ATM yang sesuai usia mereka. Saldo setoran untuk tabungan anak juga cenderung ringan.  Tabungan anak ini juga dilengkapi dengan fasilitas seperti mobile banking dan internet banking.
  4. Tabungan Giro: Tabungan Giro adalah tabungan khusus untuk transaksi bisnis. Tabungan giro diutamakan untuk transaksi berbagai perusahaan

Syarat dan Prosedur Ganti Buku Tabungan

Syarat yang diperlukan untuk mengganti buku tabungan karena rusak, hilang, pindah alamat domisili, dll. hampir sama. Pertama, kartu identitas berupa KTP, SIM, ataupun Paspor. Kedua, buku tabungan yang telah rusak. Ketiga, kartu ATM.

Untuk mendapatkan buku tabungan baru, Anda harus datang ke kantor bank sendiri dan tidak boleh diwakilkan orang lain. Kantor cabang yang bisa didatangi adalah tempat Anda dulu buka rekening atau kantor cabang lainnya yang terdekat.

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Bank

“Badan usaha di bidang keuangan yang menarik dan mengeluarkan uang dalam masyarakat, terutama memberikan kredit dan jasa dalam lalu lintas pembayaran dan peredaran uang.”

Selengkapnya

Tabungan

"N tempat menabungkan uang; celengan,uang tabungan; uang simpanan."

Selengkapnya

Bank Tabungan

"Bank yang sumber dana utamanya berasal dari tabungan dan dalam usahanya terutama memperbungakan dananya dalam surat-surat berharga yang berperingkat baik (saving bank)."

Selengkapnya

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo