• Produk
  • Promo
  • Artikel
Kamus Keuangan

Buku Harian

“Buku untuk mencatat semua transaksi perusahaan setiap hari menurut tertib waktu sebagai dasar atau sumber pembukuan selanjutnya.”

Otoritas Jasa Keuangan

Apa itu Buku Harian?

Buku harian adalah jurnal akuntansi yang digunakan untuk mencatat setiap transaksi yang tidak dicatat di jurnal khusus. Misalnya seperti pencatatan depresiasi aset tetap.Bila perusahaan masih memiliki catatan transaksi yang belum terlalu banyak, Buku harian  biasanya memiliki kolom dalam jumlah yang relatif sedikit. Buku harian dengan kolom debit dan kredit saja sudah cukup memadai sebagai catatan akuntansi pertama.

Ciri-Ciri dari Buku Harian

  1. Kolom Tanggal: Kolom tanggal ini diisi untuk mencatat kapan suatu transaksi berlangsung. Pencatatan di kolom ini harus dilakukan secara kronologis sesuai urutan terjadinya transaksi.
  2. Kolom Keterangan: Pada kolom keterangan, kita bisa mengisinya dengan keterangan lengkap yang berkaitan dengan transaksi yang dilakukan. Misalnya dengan mencantumkan nama rekening transaksi dan penjelasan mengenai transaksi tersebut yang ditulis secara ringkas.
  3. Kolom Nomor Rekening: Kolom nomor rekening ini berisi data nomor rekening yang untuk transaksi masuk dan juga nomor rekening untuk transaksi keluar.
  4. Kolom Debit dan Kredit: Kolom debit dan kredit ini digunakan untuk mencatat transaksi masuk dan transaksi keluar dalam jumlah rupiah.
  5. Kolom Nomor Bukti: Kolom nomor bukti ini perlu diisi dengan catatan nomor formulir dari dokumen sumber yang digunakan sebagai dasar pencatatan transaksi di dalam jurnal.

Tujuan Adanya Buku Harian

Secara umum, tujuan pembuatan buku harian atau jurnal akuntansi, yaitu sebagai berikut:

  • Mengumpulkan dan menggolongkan transaksi yang sama namun memiliki frekuensi yang tinggi
  • Mengurangi pekerjaan pembukuan ke dalam buku besar dan untuk membantu menggolongkan setiap transaksi yang dicatat
  • Memungkinkan pekerjaan pencatatan dalam jurnal dilakukan oleh lebih dari satu orang
  • Menciptakan pengendalian internal

Jenis-Jenis dari Buku Harian atau Jurnal Akuntansi

Perusahaan besar pasti memiliki beberapa jenis buku harian atau jurnal akuntansi yang berbeda dengan tujuan agar proses pencatatan jurnal dan pendataan menjadi lebih mudah. Jenis-jenis jurnal tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Jurnal Penjualan
  2. Jurnal Pembelian
  3. Jurnal Penerimaan Kas
  4. Jurnal Pengeluaran Kas
  5. Jurnal Umum

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Akuntansi

"Teori dan praktik perakunan, termasuk tanggung jawab, prinsip, standar, kelaziman (kebiasaan), dan semua kegiatannya."

Selengkapnya

Buku Besar

“Kumpulan perkiraan yang digunakan oleh perusahaan atau bank untuk mencatat transaksi-transaksinya; buku besar ini akan disesuaikan dengan banyaknya perkiraan yang timbul berdasarkan transaksi yang dilakukan sehingga berisi jumlah mutasi debet atau kreditnya.”

Selengkapnya

Buku Besar Pembantu

“Perkiraan dalam pembukuan yang merupakan perincian dari pos-pos perkinaan dalam buku besar (subsidiary ledger).”

Selengkapnya

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo