• Produk
  • Promo
  • Artikel
Kamus Keuangan

Buku Besar

“Kumpulan perkiraan yang digunakan oleh perusahaan atau bank untuk mencatat transaksi-transaksinya; buku besar ini akan disesuaikan dengan banyaknya perkiraan yang timbul berdasarkan transaksi yang dilakukan sehingga berisi jumlah mutasi debet atau kreditnya.”

Otoritas Jasa Keuangan

Apa itu Buku Besar?

Buku besar adalah alat yang digunakan untuk mencatat segala bentuk perubahan yang terjadi pada suatu akun yang disebabkan karena adanya transaksi keuangan. Buku ini berisi tentang perkiraan-perkiraan yang mengikhtisarkan pengaruh adanya transaksi keuangan terhadap perubahan sejumlah akun seperti aktiva, kewajiban dan modal perusahaan. Buku besar umumnya adalah buku utama pencatatan transaksi keuangan yang mengkonsolidasikan masukan dari semua jurnal akuntansi dan merupakan penggolongan rekening sejenis. Buku besar merupakan dasar pembuatan laporan neraca dan laporan laba rugi.

Fungsi Buku Besar

Buku besar memiliki fungsi untuk meringkas semua data transaksi yang sudah tertulis di dalam jurnal umum. Selain itu, buku besar juga digunakan sebagai alat yang menggolongkan data keuangan, dari yang jumlahnya besar hingga jumlah kecil.

Bentuk-Bentuk Buku Besar 

Bentuk buku besar terdiri dari buku besar umum, pembantu, dan buku besar akuntansi. Yang dari ketiga bentuk tersebut memiliki bentuk dan perbedaan masing-masing.

Bentuk Buku Besar Umum 

  1. Menutup jurnal khusus dengan cara menjumlahkan angka dalam kolom masing-masing perkiraan.
  2. Memindahkan ke dalam buku besar dari hasil penjumlahan tersebut sesuai perkiraan yang digunakan di sebelah debit ataupun kredit.
  3. Mengisi tanda kode pada kolom ref dan nomor halaman jurnal.

Bentuk Buku Besar Pembantu

  1. Buku Besar Pembantu Piutang Usaha: Buku besar pembantu piutang usaha dibuat dengan menyusun dan merinci langganan kredit, dari mulai jumlah transaksi penjualan kredit hingga alamat.
  2. Buku Besar Pembantu Utang: Buku besar pembantu utang memiliki fungsi untuk mencatat masing-masing pemasok secara rinci dan lengkap. Jumlah total utang pada setiap hari dari pemasok juga dicatat dalam daftar tersendiri.

Bentuk Buku Besar Akuntansi

  1. Bentuk Staffle Berkolom Saldo Tunggal: Bentuk staffel adalah bentuk buku besar yang memiliki berkolom saldo tunggal dalam buku besar akuntansi adalah bentuk buku yang digunakan jika diperlukan penjelasan dari transaksi yang relatif banyak.
  2. Bentuk Staffle Berkolom Saldo Rangkap: Buku besar dengan bentuk staffle berkolom saldo rangkap dalam buku besar akuntansi adalah bentuk buku yang hampir sama dengan bentuk kolom saldo tunggal.
  3. Bentuk Skontro: Bentuk skontro merupakan buku besar akuntansi yang merupakan buku besar yang biasa disebut dalam bentuk dua kolom.
  4. Bentuk T: Bentuk T dalam buku besar merupakan jenis buku besar yang paling sederhana dan hanya berbentuk seperti huruf T besar.

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Buku Besar Pembantu

“Perkiraan dalam pembukuan yang merupakan perincian dari pos-pos perkinaan dalam buku besar (subsidiary ledger).”

Selengkapnya

Akuntansi

"Teori dan praktik perakunan, termasuk tanggung jawab, prinsip, standar, kelaziman (kebiasaan), dan semua kegiatannya."

Selengkapnya

Pembukuan

“Pencatatan yang dilakukan oleh suatu perusahaan yang berisi setiap transaksi baik pengeluaran maupun pendapatan (bookkeeping).”

Selengkapnya

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo