• Produk
  • Promo
  • Artikel

Buku Besar Utang

“pusat data bank tentang utang yang masih harus dibayar oleh debitur dan potongan bagi semua peminjam, dilakukan oleh bagian kredit pada suatu bank; buku besar utang ini dapat terdiri atas buku besar pembantu bagi sistem komputerisasi akuntansi bank atau dalam sistem yang belum otomasi, posisi pinjaman setiap nasabah dicatat dalam setiap kartu debitur; jumlah seluruh posisi pinjaman tersebut merupakan bagian terbesar aktiva produktif bank (liability ledger)”.

Otoritas Jasa Keuangan

Apa itu Buku Besar Utang?

Fungsi dari buku besar pembantu utang ialah untuk mencatat rincian utang dagang suatu perusahaan kepada masing-masing nama kreditur serta merinci jumlah yang sudah dicatat dalam saldo buku besar utang.

Buku besar pembantu ini setiap hari dicatat atas transaksi dan dibuat secara individual. Dalam proses pencatatan transaksi dalam buku pembantu dilakukan secara bersamaan waktunya dengan pencatatan di jurnal. Sehingga pencatatan pada buku pembantu bukan didasari jurnal (jurnal umum/jurnal khusus) namun berdasarkan bukti transaksi.

Jenis Liabilities Ledger

Hutang jangka pendek adalah utang kepada pihak lain yang pembayarannya kurang dari satu tahun. Contohnya:

  1. Hutang Dagang: Utang secara tertulis tanpa perjanjian diatas wesel
  2. Utang Wesel / Wesel Bayar: Utang tertulis dengan perjanjian diatas wesel
  3. Biaya-biaya yang masih harus dibayar: Gaji, listrik
  4. Pendapatan diterima dimuka: Sewa dibayar dimuka, bunga diterima dimuka

Hutang jangka panjang adalah hutang kepada pihak lain yang harus dilunasi dalam jangka waktu lebih dari satu tahun. Contohnya:

  1. Hutang hipotik: Hutang jangka panjang disertai dengan jaminan aktiva tetap tak bergerak.
  2. Hutang obligasi: Hutang jangka panjang yang disertai surat pengakuan hutang dengan membayar bunga setiap waktu yang telah disepakati.
  3. Kredit investasi kecil
  4. Kredit ekuitas kerja permanen

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Buku Besar

“Kumpulan perkiraan yang digunakan oleh perusahaan atau bank untuk mencatat transaksi-transaksinya; buku besar ini akan disesuaikan dengan banyaknya perkiraan yang timbul berdasarkan transaksi yang dilakukan sehingga berisi jumlah mutasi debet atau kreditnya.”

Selengkapnya

Akuntansi

"Teori dan praktik perakunan, termasuk tanggung jawab, prinsip, standar, kelaziman (kebiasaan), dan semua kegiatannya."

Selengkapnya

Pembukuan

“Pencatatan yang dilakukan oleh suatu perusahaan yang berisi setiap transaksi baik pengeluaran maupun pendapatan (bookkeeping).”

Selengkapnya

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo