• Produk
  • Promo
  • Artikel

Budget

Apakah Itu Budget?

Budget atau anggaran adalah perkiraan pendapatan dan pengeluaran selama periode waktu tertentu di masa depan dan biasanya disusun dan dievaluasi ulang secara berkala. Anggaran dapat dibuat untuk seseorang, sekelompok orang, bisnis, pemerintah, atau apa saja yang menghasilkan dan menghabiskan uang.

Anggaran adalah konsep mikroekonomi yang menunjukkan trade-off yang dilakukan ketika satu barang ditukar dengan barang lain. Anggaran surplus berarti laba diantisipasi, anggaran yang seimbang berarti pendapatan diharapkan sama dengan pengeluaran, dan anggaran defisit berarti pengeluaran akan melebihi pendapatan.

Anggaran Personal

Untuk mengelola pengeluaran bulanan Anda, mempersiapkan diri untuk kejadian-kejadian tak terduga dalam hidup, dan mampu membeli barang mahal tanpa harus berhutang, penganggaran itu penting. Melacak berapa banyak yang Anda hasilkan dan belanjakan tidak harus membosankan, tidak mengharuskan Anda pandai matematika, dan tidak berarti Anda tidak bisa membeli barang yang Anda inginkan. Itu hanya berarti bahwa Anda akan tahu ke mana perginya uang Anda, Anda akan memiliki kendali yang lebih besar atas keuangan Anda.

Anggaran Perusahaan 

Perusahaan besar juga memiliki anggaran sebagai bagian yang sangat penting untuk efisiensi dan efektivitas bisnis.  Ada dua jenis anggaran utama: anggaran statis dan anggaran fleksibel. Anggaran statis tidak berubah selama umur anggaran. Terlepas dari perubahan yang terjadi selama periode penganggaran, semua akun dan angka yang semula dihitung tetap sama.

Sementara anggaran fleksibel memiliki nilai relasional dengan variabel tertentu. Jumlah dolar yang tercantum pada perubahan anggaran fleksibel berdasarkan tingkat penjualan, tingkat produksi, atau faktor ekonomi eksternal lainnya. Kedua jenis anggaran ini bermanfaat untuk manajemen. Anggaran statis mengevaluasi keefektifan proses penganggaran asli, sementara anggaran fleksibel memberikan wawasan yang lebih dalam tentang operasi bisnis.

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Modal

"n uang yang dipakai sebagai pokok (induk) untuk berdagang, melepas uang, dan sebagainya; harta benda (uang, barang, dan sebagainya) yang dapat dipergunakan untuk menghasilkan sesuatu yang menambah kekayaan dan sebagainya: ia menanam --nya dalam perusahaaan itu."

Selengkapnya

Anggaran

"anggaran/ang·gar·an/"

Selengkapnya

Ilmu Ekonomi

"n: ilmu tentang produksi, distribusi, dan konsumsi barang, serta berbagai masalah yang bersangkutan dengan itu, seperti tenaga kerja, pembiayaan, dan keuangan;ilmu pengetahuan tentang kegiatan sosial manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya yang diperoleh dari lingkungannya."

Selengkapnya

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo