• Produk
  • Promo
  • Artikel
Kamus Keuangan

Borjuis

Dalam ekonomi, segolongan orang yang mempunyai pekerjaan sendiri tanpa mempekerjakan orang lain, pada umumnya termasuk kelas menengah tinggi (bourgeois).

Otoritas Jasa Keuangan

/bor·ju·is/ n kelas masyarakat dari golongan menengah ke atas (biasanya dipertentangkan dengan rakyat jelata).

Kamus Besar Bahasa Indonesia

Apa itu Borjuis?

Borjuis bisa dibilang kelas sosial yang terdiri dari golongan menengah ke atas yang juga merupakan pemilik modal. gagasan borjuis sebagian besar merupakan konstruksi dari Karl Marx (1818–1883) dan mereka yang dipengaruhi olehnya. Kaum borjuis mulai tumbuh di Eropa dari abad ke-11 dan khususnya selama zaman Renaisans abad ke-12, seiring dengan perkembangan pertama eksodus pedesaan dan urbanisasi.

Sejarah Kaum Borjuis

Borjuis muncul sebagai fenomena sejarah dan politik di abad ke-11 ketika kota-kota kecil di wilayah Eropa Tengah dan Barat berkembang menjadi kota-kota yang didedikasikan untuk perdagangan. Perluasan kota ini dimungkinkan berkat konsentrasi ekonomi karena kemunculan organisasi mandiri yang melindungi bahkan menjadi perserikatan. Perserikatan muncul ketika pengusaha individu (seperti pengrajin dan pedagang) bertentangan dengan tuan tanah feodal mereka yang mencari sewa yang menuntut sewa lebih besar dari yang disepakati sebelumnya.

Pada akhir Abad Pertengahan (sekitar 1500 M), di bawah rezim monarki nasional awal Eropa Barat, kaum borjuis bertindak demi kepentingan pribadi, dan secara politis mendukung raja atau ratu terhadap gangguan hukum dan keuangan yang disebabkan oleh keserakahan para penguasa feodal. Pada akhir abad ke-16 dan awal abad ke-17, kaum borjuis Inggris dan Belanda telah menjadi kekuatan finansial (serta politis) yang menggulingkan tatanan feodal. Kekuatan ekonomi telah mengalahkan kekuatan militer di bidang politik.

Selama abad ke-17 dan ke-18, kaum borjuis adalah kelas sosial yang progresif (secara politis) mendukung prinsip-prinsip pemerintahan konstitusional dan hak alamiah, melawan hukum privilese dan klaim-klaim kekuasaan dengan hak ilahi bahwa para bangsawan dan wali gereja telah melakukan latihan secara otonom selama perintah feodal.

Pada abad ke-19, kaum borjuis mengemukakan liberalisme, dan memperoleh hak politik, hak agama, dan kebebasan sipil untuk diri mereka sendiri dan kelas sosial yang lebih rendah; dengan demikian kaum borjuis adalah kekuatan filosofis dan politik yang progresif dalam masyarakat Barat. 

Setelah Revolusi Industri (1750-1850), pada pertengahan abad ke-19 ekspansi kelas sosial borjuis yang besar menyebabkan stratifikasi (oleh aktivitas bisnis dan oleh fungsi ekonomi) ke dalam borjuis besar (bankir dan industrialis) dan borjuis kecil (pedagang dan pekerja kerah putih). Terlebih lagi, pada akhir abad ke-19, kaum kapitalis (borjuis asli) telah naik ke kelas atas, sementara perkembangan teknologi dan pekerjaan teknis memungkinkan naiknya laki-laki dan perempuan kelas pekerja ke lapisan bawah borjuasi; namun kemajuan sosial itu tidak disengaja.

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Harta

"n barang (uang dan sebagainya) yang menjadi kekayaan; barang milik seseorang."

Selengkapnya

Investasi

“Penanaman uang atau modal dalam suatu perusahaan atau proyek untuk tujuan memperoleh keuntungan.”

Selengkapnya

Uang

"n alat tukar atau standar pengukur nilai (kesatuan hitungan) yang sah, dikeluarkan oleh pemerintah suatu negara berupa kertas, emas, perak, atau logam lain yang dicetak dengan bentuk dan gambar tertentu."

Selengkapnya

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo