• Produk
  • Promo
  • Artikel

Bonus Insentif

Pemberian dalam bentuk uang kepada pekerja, biasanya diberikan pada akhir tahun yang didasarkan pada kinerja karyawan (incentive bonus).

Otoritas Jasa Keuangan

Apa itu Bonus Insentif?

Secara teknis, bonus insentif adalah hadiah yang akan diterima karyawan apabila kinerjanya bagus dan mencapai beberapa tujuan yang telah ditentukan. Bonusnya mungkin berupa uang, atau mungkin non-moneter (perjalanan, hadiah, dll). Karyawan berhak menerima bonus insentif jika ia telah mencapai beberapa hal yang disepakati.

Di sisi lain, bonus adalah hadiah (biasanya finansial) untuk pencapaian masa lalu, yang diberikan atas kebijakan manajemen. Terkadang bonus diberikan berdasarkan kinerja perusahaan, kinerja individu, atau kombinasi keduanya.

Tujuan Bonus Insentif

Bagi perusahaan, membagikan bonus insentif untuk karyawan yang kinerjanya mampu melampaui ekspektasi tentu sangat penting, karena bonus insentif bisa menjaga loyalitas para pekerja berkualitas, meningkatkan produktivitas perusahaan, dan perusahaan juga dapat mempertahankan serta meningkatkan moral kerja para pekerja, hal ini akan terlihat dari absensi dan tingkat perputaran tenaga kerja. Bonus insentif juga dapat membuat karyawan lebih bersemangat untuk bekerja, serta berupaya lebih untuk melampaui target, atau menorehkan prestasi lainnya di tempat kerja, dan yang pasti, bonus insentif juga dapat meningkatkan kondisi keuangan karyawan tersebut.

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Bonus

"Upah tambahan di luar gaji atau upah sebagai hadiah atau perangsang; gaji, upah ekstra yang dibayarkan kepada karyawan."

Selengkapnya

Gaji

“upah kerja yang dibayar dalam waktu yang tetap.”

Selengkapnya

Perusahaan

"n: Kegiatan (pekerjaan dan sebagainya) yang diselenggarakan dengan peralatan atau dengan cara teratur dengan tujuan mencari keuntungan (dengan menghasilkan sesuatu, mengolah atau membuat barang-barang, berdagang, memberikan jasa, dan sebagainya)."

Selengkapnya

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo