• Produk
  • Promo
  • Artikel

Bonafide

Jujur dan dapat dipercaya (bonafide).

Otoritas Jasa Keuangan

/bonafidé/ a dapat dipercaya dengan baik (tentang perusahaan dan sebagainya); jujur.

Kamus Besar Bahasa Indonesia

Apa Itu Bonafide?

Bonafide merupakan bahasa latin, yang artinya dapat dipercaya karena memiliki tujuan dan niat yang baik. Dalam istilah hukum, sering digunakan untuk merujuk kepada pembeli atau pemegang yang mengambil sesuatu tanpa penipuan, atau pengetahuan tentang hak gadai atau klaim superior oleh yang lain.

Pembeli Bonafide adalah istilah yang digunakan terutama dalam yurisdiksi common law dalam hukum properti riil dan properti pribadi untuk merujuk pada pihak yang tidak bersalah yang membeli properti tanpa pemberitahuan dari klaim pihak lain kepada pihak judul properti itu. Singkatnya, pembeli bonafide adalah pembeli yang membeli dengan itikad baik tanpa pemberitahuan tentang cacat pada hak milik dan untuk pertimbangan yang berharga.

Sementara, definisi hukum dari pemegang bonafide adalah pemegang instrumen yang dapat dinegosiasikan yang memperoleh hak atas instrumen dalam kegiatan bisnis biasa untuk mendapatkan nilai sebelum jatuh tempo dan tanpa sepengetahuan adanya cacat dalam kepemilikan.

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Pengacara

Pihak yang diberi kuasa berdasarkan hukum oleh orang lain untuk melakukan transaksi bisnis; selain itu, dapat juga mewakili orang lain dalam berperkara di pengadilan (attorney).

Selengkapnya

Badan Hukum

Badan atau organisasi yang oleh hukum diperlakukan sebagai orang, yaitu memegang hak dan menanggung kewajiban (legal entity).

Selengkapnya

Notaris

"no·ta·ris"

Selengkapnya

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo