• Produk
  • Promo
  • Artikel

Boleh Tukar

Sesuatu yang memiliki nilai sehingga dapat ditukarkan dengan barang lain yang memiliki nilai yang sama; apabila digunakan sebagai uang, dapat diartikan bahwa uang tersebut dapat ditukarkan secara bebas dengan mata uang lainnya (convertible).

Otoritas Jasa Keuangan

Apa itu Boleh Tukar?

Boleh Tukar merupakan istilah konversi mata uang. Biasanya, mata uang suatu negara dapat dikonversi menjadi emas atau mata uang lain. Konversi mata uang penting untuk perdagangan internasional karena barang bersumber global harus dibayar dengan mata uang yang disepakati yang mungkin bukan mata uang domestik pembeli. Ketika suatu negara memiliki konvertibilitas mata uang yang buruk, artinya sulit untuk menukarnya dengan mata uang lain atau penyimpanan nilai, itu menimbulkan risiko dan penghalang untuk berdagang dengan negara-negara asing yang tidak memakai mata uang domestik.

Semakin kuat suatu ekonomi pada skala global, semakin besar kemungkinan mata uangnya akan dengan mudah dikonversi menjadi mata uang utama lainnya. Kendala pemerintah dapat menghasilkan mata uang dengan konversi yang rendah. Misalnya, pemerintah dengan cadangan mata uang asing keras yang rendah biasanya membatasi konvertibilitas mata uang karena pemerintah itu sebaliknya tidak akan berada dalam posisi untuk campur tangan di pasar valuta asing (misalnya revaluasi, devaluasi, dll) untuk mendukung mata uang mereka sendiri jika dan ketika diperlukan.

Negara-negara dengan mata uang yang konvertibilitasnya buruk berada pada posisi tidak menguntungkan pada perdagangan global karena transaksi tidak berjalan dengan lancar seperti negara-negara dengan konversi yang baik. Kenyataan ini akan menghalangi negara lain untuk berdagang dengan mereka. Konversi mata uang yang buruk dapat berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi yang lebih lambat karena peluang perdagangan global terlewatkan.

Konversi mata uang yang baik membutuhkan pasokan mata uang fisik yang cukup, itulah sebabnya beberapa negara menerapkan kontrol modal pada uang yang meninggalkan negaranya. Ketika ekonomi merosot ke dalam resesi, investor akan sering mencari investasi di luar negeri atau mengubah uang mereka menjadi salah satu mata uang yang aman. Untuk mengatasi hal ini dan memastikan uang tidak mengalir keluar dari negara tersebut, beberapa pemerintah menerapkan kontrol untuk mengurangi pelarian modal selama masa ekonomi yang sulit.

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Boleh Batal

Sesuatu yang dapat dibatalkan hakim atas permintaan salah satu pihak karena perjanjian itu dibuat secara tidak bebas atau pembuat perjanjian tidak cakap. (voidable).

Selengkapnya

Uang

"n alat tukar atau standar pengukur nilai (kesatuan hitungan) yang sah, dikeluarkan oleh pemerintah suatu negara berupa kertas, emas, perak, atau logam lain yang dicetak dengan bentuk dan gambar tertentu."

Selengkapnya

Mata Uang

"Uang dari logam."

Selengkapnya

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo