• Produk
  • Promo
  • Artikel
Kamus Keuangan

Bloter

Jurnal atau catatan harian yang memuat setiap transaksi yang dibuat oleh seorang dealer (blotter).

Otoritas Jasa Keuangan

Apa Itu Bloter?

Bloter adalah catatan transaksi perdagangan saham secara detail dalam periode 1 (satu) hari yang mencakup semua catatan penjualan dan pembelian saham. Hal-hal sepeti berapa penjualan dalam satu hari dan berapa pembelian dalam sehari, semuanya dicatat dengan baik dan detail oleh seorang dealer.

Di zaman modern ini, bloter tidak lagi ditulis dalam buku catatan atau jurnal keuangan, biasanya bloter di-input dalam software khusus untuk membuat catatan perdagangan saham. Hal ini dinilai lebih efektif dan lebih akurat dalam hitung-hitungan karena semuanya dijalankan oleh komputer. Kesalahan penghitungan bisa diminimalisir dengan aplikasi bloter.

Pialang saham biasanya menyediakan aplikasi bloter untuk para nasabahnya. Mereka akan memasang aplikasi bloter pada smartphone atau laptop untuk memantau naik dan turunnya saham atau komoditi yang dimiliki. Dalam aplikasi bloter terdapat waktu perdagangan, jumlah dan harga jual atau beli, pasar ECN (Electronic Communication Network) tempat perdagangan terjadi, dan apakah itu beli, jual, atau pesanan singkat.

Selain itu, investor juga bisa memantau grafik pergerakan saham dalam bursa. Misalnya, saham A naik 11% sedangkan Saham B turun 5%. Dengan begitu, investor akan lebih mudah menentukan keputusannya dalam menjual atau membeli saham.

Apa Kegunaan Aplikasi Bloter?

  • Bagi Trader

Bloter digunakan oleh traders sebagai jurnal perdagangan yang membantu mereka untuk meningkatkan kemampuan, teknik, dan strategi mereka dalam perdagangan saham. Di akhir waktu, saat bursa tutup, traders melihat bloter sebagai ulasan performa saham mereka dalam satu hari. Hal ini semacam evaluasi per hari agar mereka bisa mendapatkan keuntungan yang lebih baik lagi kedepannya.

  • Bagi Regulator Pasar Saham

Komisi Sekuritas dan Bursa (Securities and Exchange Commission atau disingkat SEC) merupakan regulator pasar saham Amerika. SEC akan mendeteksi perdagangan atau transaksi ilegal lewat aplikasi Bloter. Caranya, SEC akan melakukan penyortiran dengan berbagai cara untuk melihat adakah keganjilan dalam perdagangan.

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Saham

"bagian; andil; sero (tentang permodalan): --nya tertanam dalam berbagai perusahaan."

Selengkapnya

Laporan

"Catatan terperinci mengenai akun seorang nasabah yang meliputi perkiraan debit, peluasan kredit, transfer antar-akun, dan biaya (statement)."

Selengkapnya

Bursa Efek

"n (Ek): pusat perdagangan surat-surat berharga dari perusahaan umum."

Selengkapnya

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo