• Produk
  • Promo
  • Artikel

Blockchain

Apa itu Blockchain?

Jika Anda mengikuti berbagai info soal perbankan, berinvestasi, atau cryptocurrency selama sepuluh tahun terakhir, Anda mungkin akrab dengan istilah "blockchain," teknologi pencatatan di balik jaringan Bitcoin. Secara singkat blockchain bisa diumpamakan dengan buku besar yang terdistribusi, terdesentralisasi, dan publik. Blockchain secara harfiah diartikan sebagai rantai blok. "Blok" dan "rantai" dalam konteks ini, kita sebenarnya berbicara tentang informasi digital ("blok") yang disimpan dalam basis data publik ("rantai").

Cara Kerja Blockchain

Ketika sebuah blok menyimpan data baru, data tersebut ditambahkan ke blockchain. Blockchain, seperti namanya, terdiri dari beberapa blok yang dirangkai. Agar blok ditambahkan ke blockchain, bagaimanapun, empat hal harus terjadi:

  1. Harus ada Transaksi. 
  2. Transaksi itu harus diverifikasi. 
  3. Transaksi disimpan dalam satu blok.
  4. Blok mendapatkan hash (kode pengidentifikasi unik). 

Ketika blok baru itu ditambahkan ke blockchain, maka blok tersedia untuk umum bagi siapa saja untuk melihat. Jika blockchain Bitcoin ditilik kembali, maka Anda memiliki akses ke data transaksi, bersama dengan informasi tentang kapan, di mana, dan oleh siapa blok tersebut adalah ditambahkan ke blockchain.

Pro dan Kontra Blockchain

Teknologi Blockchain memiliki potensi untuk memberikan alternatif yang jauh lebih cepat dan lebih murah untuk metode pembayaran lintas batas tradisional. Memang, sementara biaya pengiriman uang biasa mungkin setinggi 20% dari jumlah transfer, blockchain dapat memungkinkan biaya hanya sebagian kecil dari itu, serta kecepatan pemrosesan transaksi yang dijamin dan real-time. Ada rintangan yang harus dilewati, termasuk regulasi cryptocurrency di berbagai belahan dunia dan masalah keamanan. Meskipun demikian, ini adalah salah satu bidang aplikasi teknologi blockchain yang paling menjanjikan.

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Bitcoin Mining

...

Selengkapnya

Perbankan

Segala sesuatu yang menyangkut tentang bank, mencakup kelembagaan, kegiatan usaha, serta cara dan proses dalam melaksanakan kegiatan usahanya (banking).

Selengkapnya

Jaminan

"n tanggungan atas pinjaman yang diterima; agunan: ia meminjam uang kepada bank dengan ~ sebuah rumah dan sebidang tanah miliknya"

Selengkapnya

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo