Blockchain

Definisi Blockchain

Apa itu Blockchain?

Jika Anda mengikuti berbagai info soal perbankan, berinvestasi, atau cryptocurrency selama sepuluh tahun terakhir, Anda mungkin akrab dengan istilah "blockchain," teknologi pencatatan di balik jaringan Bitcoin. Secara singkat blockchain bisa diumpamakan dengan buku besar yang terdistribusi, terdesentralisasi, dan publik. Blockchain secara harfiah diartikan sebagai rantai blok. "Blok" dan "rantai" dalam konteks ini, kita sebenarnya berbicara tentang informasi digital ("blok") yang disimpan dalam basis data publik ("rantai").

promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo

Cara Kerja Blockchain

Cara kerja blockchain adalah dimulai ketika sebuah blok menyimpan data baru. Sistemnya terdiri dari dua buah jenis record, yaitu transaksi dan blok. 

Setiap blok pada teknologi ini akan berisi hash kriptografi sehingga membentuk jaringan. Fungsi dari hash kriptografi adalah untuk mengambil data-data dari blok asal dan mengubahnya menjadi compact string. Sifatnya yang P2P (Peer to Peer) membuat komputer dalam jaringan memeriksa dan memastikan informasi atau data dalam blok adalah transaksi yang valid. Proses ini adalah proses terdesentralisasi yang terjadi di antara berbagai mode jaringan.

Perbedaan Blockchain dan Cryptocurrency

Blockchain

Blockchain adalah teknologi yang digunakan sebagai sistem penyimpanan atau bank data secara digital, dan terhubung dengan kriptografi yang penggunaannya tidak terlepas dari Bitcoin dan Cryptocurrency lainnya.

Cryptocurrency

Cryptocurrency adalah sistem mata uang digital yang diamankan menggunakan kriptografi. Sehingga, mata uang tersebut tidak dapat dipalsukan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Pengertian blockchain dan Cryptocurrency memang berbeda, namun sama-sama berkaitan. Di mana crypto sebagai mata uang digital dan blockchain sebagai teknologinya serta penyimpanan data digital yang berkaitan dengan transaksi Cryptocurrency.

Penggunaan Teknologi Blockchain

Sektor utama yang dapat memanfaatkan teknologi Blockchain adalah bidang keuangan atau finansial. Pada sektor finansial, Blockchain diibaratkan sebagai buku kas digital yang bisa diakses oleh siapa saja, kapan saja, di mana saja dengan mudah tanpa harus mendapatkan persetujuan dari pihak atau lembaga keuangan pada umumnya.

Blockchain membuat seluruh transaksi di dalamnya menjadi lebih transparan dan aman. Sehingga dapat meminimalisir adanya penyelewengan data seperti suap dan korupsi.

Keunggulan Blockchain

Blockchain memiliki keunggulan beragam untuk para penggunanya, di antaranya adalah:

  1. Sistem Transaksi yang Transparan
  2. Memiliki Proteksi Data yang Baik
  3. Efisiensi dan Lebih Cepat
  4. Keamanan yang Terjamin
  5. Sistem Audit yang Lebih Baik

Pro dan Kontra Blockchain

Teknologi Blockchain memiliki potensi untuk memberikan alternatif yang jauh lebih cepat dan lebih murah untuk metode pembayaran lintas batas tradisional. Memang, sementara biaya pengiriman uang biasa mungkin setinggi 20% dari jumlah transfer, blockchain dapat memungkinkan biaya hanya sebagian kecil dari itu, serta kecepatan pemrosesan transaksi yang dijamin dan real-time. Ada rintangan yang harus dilewati, termasuk regulasi cryptocurrency di berbagai belahan dunia dan masalah keamanan. Meskipun demikian, ini adalah salah satu bidang aplikasi teknologi blockchain yang paling menjanjikan.


promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo

Istilah terkait yang ini

Mau cari istilah lain? 🔍