• Produk
  • Promo
  • Artikel
Kamus Keuangan

Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI)

“Bantuan yang diberikan kepada bank-bank yang mengalami kesulitan likuiditas dalam operasinya sehari-hari; kesulitan likuiditas ini dapat terjadi, antara lain, karena penarikan dana secara besar-besaran oleh nasabah sebagai dampak dan berkurangnya kepercayaan masyarakat kepada dunia perbankan.”

Otoritas Jasa Keuangan

Apa itu Bantuan Likuiditas Bank Indonesia?

Bantuan Likuiditas merupakan bantuan dari bank Indonesia pada saat bank-bank swasta tidak mampu mengembalikan dana nasabahnya. Pada titik ini berarti bank tersebut berada pada titik terendahnya atau bisa dikatakan hampir bangkrut. Contohnya pada krisis moneter waktu tahun 1997-1998, Presiden Soeharto akhirnya mengambil keputusan bahwa BI harus segera membantu bank-bank yang sekarat tersebut. 

Setidaknya, pada Desember 1997, ada 48 bank (mayoritas swasta) yang kemudian diberikan bantuan likuiditas dengan total uang senilai Rp 144,53 triliun. Dalam istilah perbankan, likuiditas merujuk pada kemampuan sebuah bank untuk memenuhi kemungkinan ditariknya sejumlah uang dari nasabah. Peminjaman BLBI juga harus dikembalikan dengan nilai-nilai sesuai perjanjian.

Peraturan Bank Indonesia tentang Fungsi BLBI

  1. Kondisi makroekonomi dan stabilitas sektor keuangan yang saat ini cukup terjaga perlu dipertahankan untuk memelihara stabilitas sistem keuangan terutama perbankan serta turut menjaga kepercayaan masyarakat terhadap perbankan.
  2. Dalam rangka memelihara stabilitas sistem keuangan terutama perbankan dan turut menjaga kepercayaan masyarakat terhadap perbankan tersebut, tetap diperlukan upaya untuk mengatasi kesulitan likuiditas jangka pendek.
  3. Upaya untuk mengatasi kesulitan likuiditas jangka pendek dimaksud merupakan salah satu cara pencegahan dan penanganan krisis sistem keuangan yang dapat ditempuh melalui penyediaan pinjaman likuiditas jangka pendek (PLJP) kepada bank.
  4. Berdasarkan pertimbangan di atas perlu ditetapkan Peraturan Bank Indonesia No.19/3/PBI/2017 tentang Pinjaman Likuiditas Jangka Pendek Bagi Bank Umum Konvensional, yang juga sebagai peraturan pelaksanaan dari Undang-Undang Bank Indonesia Nomor 23 Tahun 1999 tentang Bank Indonesia sebagaimana telah diubah beberapa kali terakhir dengan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2009 dan Undang-Undang Nomor 9 Tahun 2016 tentang Pencegahan dan Penanganan Krisis Sistem Keuangan.

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Bank Indonesia

"Bank sentral Republik Indonesia sebagaimana dimaksud dalam undang-undang yang berlaku.."

Selengkapnya

Likuiditas

"/li·ku·i·di·tas/"

Selengkapnya

Bank Sentral

"bank n"

Selengkapnya

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo