• Produk
  • Promo
  • Artikel

Bitcoin

Apa itu Bitcoin?

Bitcoin adalah mata uang digital yang dibuat pada Januari 2009 setelah jatuhnya pasar perumahan. Ini mengikuti ide-ide yang ditetapkan dalam whitepaper oleh Satoshi Nakamoto yang misterius dan pseudonim. Identitas orang atau orang yang menciptakan teknologi masih menjadi misteri. Bitcoin menawarkan janji biaya transaksi yang lebih rendah daripada mekanisme pembayaran online tradisional dan dioperasikan oleh otoritas yang terdesentralisasi, tidak seperti mata uang yang dikeluarkan pemerintah.

Bitcoin tidak memiliki  bentuk fisik, hanya saldo yang disimpan di buku besar publik, dan semua orang memiliki akses transparan, yang diverifikasi secara komputasi. Bitcoin tidak diterbitkan atau didukung oleh bank atau pemerintah mana pun, juga bitcoin individual tidak berharga sebagai komoditas. Meskipun tidak sah secara hukum, Bitcoin memiliki popularitas tinggi, dan telah memicu peluncuran ratusan mata uang virtual lainnya yang secara kolektif disebut Altcoin.

Bitcoin adalah jenis cryptocurrency. Saldo token Bitcoin disimpan menggunakan "kunci" publik dan pribadi, yang merupakan rangkaian panjang angka dan huruf yang dihubungkan melalui algoritma enkripsi matematis yang digunakan untuk membuatnya. Kunci publik (sebanding dengan nomor rekening bank) berfungsi sebagai alamat yang dipublikasikan ke dunia dan yang orang lain dapat mengirimkan bitcoin. Kunci pribadi (sebanding dengan PIN ATM) dimaksudkan untuk menjadi rahasia yang dijaga dan hanya digunakan untuk mengesahkan transmisi Bitcoin. Kunci Bitcoin tidak boleh dikacaukan dengan dompet Bitcoin, yang merupakan perangkat fisik atau digital yang memfasilitasi perdagangan Bitcoin dan memungkinkan pengguna untuk melacak kepemilikan koin.

Cara Kerja Bitcoin

Bitcoin adalah salah satu mata uang digital pertama yang menggunakan teknologi peer-to-peer untuk memfasilitasi pembayaran instan. Individu dan perusahaan independen yang memiliki kekuatan komputasi yang mengatur dan berpartisipasi dalam jaringan Bitcoin, terdiri dari node atau penambang. "Penambang," atau orang-orang yang memproses transaksi di blockchain, dimotivasi oleh hadiah (pelepasan bitcoin baru) dan biaya transaksi dibayarkan dalam bitcoin. Penambang ini dapat dianggap sebagai otoritas terdesentralisasi yang menegakkan kredibilitas jaringan Bitcoin. 

Bitcoin baru dirilis ke penambang dengan laju tetap, tetapi menurun secara berkala, sehingga total pasokan bitcoin mendekati 21 juta. Saat ini, ada sekitar 3 juta bitcoin yang belum ditambang. Dengan cara ini, Bitcoin (dan mata uang digital apa pun yang dihasilkan melalui proses serupa) beroperasi secara berbeda dari mata uang fiat; dalam sistem perbankan terpusat, mata uang dirilis pada tingkat yang cocok dengan pertumbuhan barang dalam upaya untuk menjaga stabilitas harga, sementara sistem desentralisasi seperti Bitcoin menetapkan tingkat rilis sebelumnya dan sesuai dengan algoritma.

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Bitcoin Mining

...

Selengkapnya

Saham

"bagian; andil; sero (tentang permodalan): --nya tertanam dalam berbagai perusahaan."

Selengkapnya

Reksa Dana

"Reksa Dana adalah wadah untuk menghimpun dana masyarakat yang dikelola oleh badan hukum yang bernama Manajer Investasi, untuk kemudian diinvestasikan ke dalam surat berharga seperti : saham, obligasi, dan instrumen pasar uang."

Selengkapnya

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo