• Produk
  • Promo
  • Artikel
Kamus Keuangan

Bisnis

"n usaha komersial dalam dunia perdagangan; bidang usaha; usaha dagang: bekerja di bidang -- kepariwisataan."

Kamus Besar Bahasa Indonesia

"Kegiatan dengan menggunakan modal tertentu untuk memperoleh laba, seperti industri, perdagangan, dan pengangkutan (business)."

Otoritas Jasa Keuangan

Bisnis Adalah?

Bisnis - Ketika mendengar kata bisnis, pasti kata “uang” muncul dalam benak Anda. Bisnis memang merupakan kegiatan yang bisa dilakukan perorangan maupun kelompok dalam tujuan mendapatkan keuntungan atau laba. Kegiatan bisnis melibatkan aktivitas produksi, penjualan, pembelian barang maupun jasa.

Tujuan Bisnis

Tujuan utama dalam menjalankan bisnis adalah menghasilkan keuntungan bagi yang menjalankan bisnis sesuai dengan prinsip ekonomi jual-beli. Ada barang atau jasa yang ditawarkan, ada keuntungan yang didapatkan dari menjual barang atau jasa tersebut.

Fungsi Bisnis

Sesuai dengan tujuannya, bisnis berfungsi untuk membuat sesuatu yang awalnya tidak memiliki nilai, menjadi ada nilainya. Lebih lanjut, fungsi bisnis dibagi menjadi 4, yaitu:

  1. Form Utility. Fungsi bisnis yang dilihat dari segi produksinya. Fungsi form utility membuat bisnis bertujuan untuk menciptakan barang atau jasa yang dibutuhkan oleh masyarakat. Misalnya, perusahaan tekstil menghasilkan bahan kain untuk dibuat pakaian.
  2. Place Utility. Fungsi bisnis ini untuk menyalurkan barang atau jasa yang diproduksi ke lokasi konsumen yang membutuhkan barang atau jasa tersebut. Misalnya, bisnis furniture menyalurkan bangku-bangu buatannya ke sekolah-sekolah di pedesaan.
  3. Time Utility. Sebelum dijual, usaha dalam bisnis tidak langsung dipasarkan. Ada pertimbangan terlebih dahulu dari segi waktu. Misalnya, kapan barang atau jasa ini akan lebih bermanfaat dan menguntungkan. Kalau misalnya waktu pemasaran dirasa kurang tepat, lebih baik barang tersebut disimpan lebih dahulu. Misalnya, penjualan jas hujan akan lebih menguntungkan di musim hujan.
  4. Possessive UtilityAtau bisa disebut sebagai fungsi penjualan dengan mengubah kepemilikan.

Macam-macam Bisnis

Bisnis sangat banyak macamnya, dilihat dari sektor ekonomi terdapat macam-macam jenis bisnis yang bisa dikelompokan seperti di bawah ini.

  • Bisnis Pertanian
  • Bisnis Produksi Bahan Mentah
  • Bisnis Manufaktur
  • Bisnis Konstruksi
  • Bisnis Transportasi
  • Bisnis Komunikasi
  • Bisnis Perdagangan Besar/Kecil
  • Bisnis Finansial
  • Bisnis Jasa

Etika Bisnis

Dalam menjalankan bisnis, ada etikanya sendiri. Setiap pelaku bisnis wajib mengikuti etika-etika berikut dalam menjalankan bisnis.

  1. Berprinsip Otonomi. Seorang pelaku bisnis haruslah berprinsip otonomi. Maksudnya, dia bebas menentukan jenis bisnis apa yang akan dijalankan sesuai visi dan kemampuannya.
  2. Berprinsip Kejujuran. Prinsip lainnya yang harus dimiliki oleh seorang pelaku bisnis adalah kejujuran. Sebuah usaha yang dijalankan dengan jujur niscaya akan lancar. Jangan mencurangi saingan maupun konsumen dalam mendapatkan keuntungan.
  3. Memegang Keadilan. Tujuan utama dalam menjalankan bisnis adalah mendapatkan keuntungan. Namun dalam berjalannya suatu usaha, diperlukan keadilan baik ke konsumen maupun ke karyawan sendiri.

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Harta

"n barang (uang dan sebagainya) yang menjadi kekayaan; barang milik seseorang."

Selengkapnya

Investasi

“Penanaman uang atau modal dalam suatu perusahaan atau proyek untuk tujuan memperoleh keuntungan.”

Selengkapnya

Modal

"n uang yang dipakai sebagai pokok (induk) untuk berdagang, melepas uang, dan sebagainya; harta benda (uang, barang, dan sebagainya) yang dapat dipergunakan untuk menghasilkan sesuatu yang menambah kekayaan dan sebagainya: ia menanam --nya dalam perusahaaan itu."

Selengkapnya

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo