• Produk
  • Promo
  • Artikel
Kamus Keuangan

Bisnis Jasa

“Jenis kegiatan ekonom berupa penjualan jasa, keahlian, atau proses teknis yang dilakukan oleh badan usaha, seperti pengacara, kantor akuntan, biro arsitek, biro administrasi, biro iklan, pusat komputer, mesin fotokopi, dan kantor konsultan usaha jasa.”

Otoritas Jasa Keuangan

Apa Itu Bisnis Jasa?

Bisnis Jasa adalah suatu bidang bisnis yang menjual dan menawarkan produk dalam bentuk pelayanan jasa. Sama halnya ketika seseorang mendirikan badan usaha yang menghasilkan produk tertentu dan kemudian dijual kepada konsumen untuk mendapatkan keuntungan, hal tersebut juga berlaku pada badan usaha jasa. Bisnis jasa atau sering disebut sebagai perusahaan yang menyediakan layanan jasa menawarkan keahlian tertentu yang bermanfaat untuk konsumen.

Karakteristik Bisnis Jasa

Tidak menyediakan produk dalam bentuk fisik 

Badan usaha jasa menjual produk-produk yang tidak dapat disimpan dan tidak kasat mata (abstrak) namun manfaatnya dapat dirasakan.

Menjual jasa adalah kegiatan utama 

Sesuai dengan pengertian badan usaha jasa dimana perusahaan ini menjual produk berupa jasa yang bermanfaat dan dibutuhkan konsumen.

Harga dari jasa tidak dapat ditentukan secara pasti 

Jasa yang ditawarkan kepada konsumen pasti memiliki nilai harga yang berbeda-beda karena jenis kebutuhannya juga perbeda.

Tidak mempunyai harga pokok 

Karena tidak menjual barang berbentuk fisik ,oleh karena itu bisnis jasa tidak membutuhkan bahan baku produksi yang berwujud, oleh sebab itu dalam pelaporan keuangan tidak bisa dilihat harga pokok produksi dan penjualan karena tidak ada patokan biaya yang dikeluarkan untuk bahan-bahan produksi.

Contoh Usaha Bisnis Jasa

  1. Usaha jasa penerjemah
  2. Usaha jasa pengetikan
  3. Jasa mengantar anak sekolah
  4. Usaha jasa titip atau jastip
  5. Usaha jasa video shooting

Dan masih banyak jenis bisnis jasa lainnya

Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Jasa

Kelebihan Bisnis Jasa 

  • Dengan berbisnis jasa tidak membutuhkan tempat untuk display produk sehingga dalam hal sewa tempat usaha akan lebih menghemat biaya.
  • Tidak memerlukan tempat untuk penyimpanan.
  • Pada badan usaha jasa tertentu tidak membutuhkan banyak karyawan sehingga menghemat pengeluaran gaji karyawan.

Kekurangan Usaha Jasa

  • Strategi promosi membutuhkan testimoni pelanggan  karena tidak ada produk yang bisa digunakan untuk dipromosikan.
  • Jika mendapatkan komplain dari konsumen, dalam bisnis jasa tidak bisa mengembalikan apa yang sudah dibeli.

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Bisnis

"n usaha komersial dalam dunia perdagangan; bidang usaha; usaha dagang: bekerja di bidang -- kepariwisataan."

Selengkapnya

Lembaga Keuangan

“Lembaga yang menghimpun dana dari masyarakat dan menanamkannya dalam bentuk aset keuangan lain, misalnya kredit, surat-surat berharga, giro, dan aktiva produktif lainnya; yang termasuk dalam lembaga keuangan adalah bank dan lembaga keuangan nonbank (financial institution).”

Selengkapnya

Asuransi

"Perjanjian antara penanggung dan tertanggung, yang mewajibkan tertanggung membayar sejumlah premi untuk memberikan penggantian atas risiko kerugian, kerusakan, kematian, atau kehilangan keuntungan yang diharapkan, yang mungkin akan diderita karena suatu peristiwa yang tidak terduga (insurance)."

Selengkapnya

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo