• Produk
  • Promo
  • Artikel

Biro Perjalanan

Kegiatan ekonomi berupa pemberian jasa yang diperlukan dalam rangka perjalanan, seperti pembelian tiket, pengurusan paspor atau visa, penginapan, dan acara darmawisata (travel bureau).

Otoritas Jasa Keuangan

Apa Itu Biro Perjalanan?

Biro perjalanan adalah kegiatan usaha bersifat komersial yang mengatur, dan menyediakan pelayanan bagi seseorang individu atau sekelompok orang, untuk melakukan perjalanan dengan tujuan utama berwisata.

Ruang Lingkup Biro Perjalanan

  1. Membuat, menyelenggarakan, dan menjual paket wisata perjalanan.
  2. Mengurus transportasi perorangan (individu) atau kelompok yang akan mengikuti wisata perjalanan.
  3. Melakukan pemesanan akomodasi, restoran, hingga tempat wisata di berbagai tempat.
  4. Mengurus dokumen perjalanan seperti paspor dan visa.
  5. Membuat panduan perjalanan wisata.
  6. Melayani penyelenggaraan konvensi.

Fungsi Biro Perjalanan

1. Fungsi Umum

Dalam hal ini biro perjalanan merupakan suatu badan usaha yang dapat memberikan informasi mengenai segala sesuatu yang berhubungan dengan dunia perjalanan pada umumnya dan perjalanan wisata pada khususnya.

2. Fungsi Khusus

  • Biro perjalanan sebagai perantara. Dalam kegiatannya ia bertindak atas nama perusahaan lain dan menjual jasa-jasa perusahaan yang diwakilinya. Karena itu ia bertindak di antara wisatawan dan industri wisata.
  • Biro perjalanan sebagai badan usaha yang merencanakan dan menyelenggarakan tur dengan tanggung jawab dan resikonya sendiri.
  • Biro perjalanan sebagai pengorganisasi yaitu dalam menggiatkan usaha ia aktif menjalin kerjasama dengan perusahaan lain baik dalam dan luar negeri. Fasilitas yang dimiliki akan dimanfaatkan sebagai dagangannya.

Jenis Biro Perjalanan

Terdapat tiga jenis biro perjalanan yang berbeda, yakni:

  • Biro Perjalanan Wisata: Merupakan biro perjalanan yang bergerak di bidang yang paling umum, yakni biasanya menyediakan paket perjalanan wisata, dan kegiatan wisata singkat. Misalnya, seperti berkeliling kota.
  • Biro Perjalanan Bisnis: Sesuai namanya, biro ini berfokus kepada perjalanan yang berkaitan dengan urusan bisnis. Contohnya seperti rapat, konferensi, dan pameran yang sering disebut juga sebagai Pariwisata MICE (Meeting, Insentif, Conference, dan Exhibition).
  • Biro Perjalanan Khusus: Adalah biro perjalanan yang bersifat lebih khusus di mana perjalanan atau kegiatan wisatanya dipandu oleh pengawal yang benar-benar memahami seluk beluk dan kegiatan geografis dari tempat wisata tersebut. Contohnya seperti wisata agama, wisata petualangan, wisata kesehatan, dan masih banyak lainnya.

Perbedaan Biro Perjalanan dengan Agen Perjalanan

Meskipun keduanya bergerak di bidang yang sama dan berada dalam naungan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, baik biro perjalanan dan agen perjalanan memiliki beberapa perbedaan. Berdasarkan UU No.9 Tahun 1990 Pasal 12, biro perjalanan wisata adalah sebuah usaha yang menyediakan jasa perencanaan, serta  pelayanan dan penyelenggaraan wisata. Sementara agen perjalanan wisata merupakan kegiatan usaha yang menyelenggarakan perjalanan di mana mereka bergerak sebagai perantara dalam menjual atau mengurus jasa.

Perbedaan utama dari keduanya terletak pada izin usahanya. Biro perjalanan wisata memiliki izin dengan cakupan yang luas meliputi penjualan layanan jasa wisata, perencanaan wisata, dan operator pelayanan wisata yang bergerak sesuai dengan kontrak layanan yang dibuat berdasarkan program yang telah disepakati atau yang tertera pada brosur produk paket wisatanya. Sementara, agen perjalanan wisata hanya mendapatkan izin untuk bertindak sebagai retailer dari berbagai produk layanan wisata (jasa) yang telah dimandatkan atau berdasarkan keagenan yang ditunjuk.

Secara fungsi, agen perjalanan juga hanya bertugas sebagai perantara atau organisator. Sedangkan biro perjalanan wisata memiliki tugas untuk memberikan segala informasi yang berkaitan dengan dunia wisata atau khususnya perjalanan wisata itu sendiri.

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Perusahaan

"n: Kegiatan (pekerjaan dan sebagainya) yang diselenggarakan dengan peralatan atau dengan cara teratur dengan tujuan mencari keuntungan (dengan menghasilkan sesuatu, mengolah atau membuat barang-barang, berdagang, memberikan jasa, dan sebagainya)."

Selengkapnya

Bisnis

"n usaha komersial dalam dunia perdagangan; bidang usaha; usaha dagang: bekerja di bidang -- kepariwisataan."

Selengkapnya

Bebas Biaya Ke Atas Kapal

Syarat-syarat penyerahan barang dalam penentuan harga yang menyatakan bahwa risiko dan semua biaya pengangkutan barang sampai ke atas kapal di pelabuhan pengiriman ditanggung oleh penjual (free on board/FOB).

Selengkapnya

Istilah Populer Terbanyak Dicari

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo