• Produk
  • Promo
  • Artikel
Kamus Keuangan

Biaya Talangan

Biaya tambahan yang harus dikeluarkan terlebih dahulu oleh seorang pegawai dalam rangka melaksanakan tugas bisnis sebagai pemenuhan atas suatu biaya yang wajib dikeluarkan, selanjutnya dimintakan penggantian dari perusahaan (out of pocket expenses).

Otoritas Jasa Keuangan

Apa Itu Biaya Talangan?

Biaya talangan adalah biaya yang berkaitan dengan perusahaan, namun dibayar terlebih dahulu oleh staf menggunakan uang mereka. Perusahaan akan mengganti biaya talangan tersebut yang dikeluarkan atas nama mereka, terutama biaya yang dikeluarkan oleh karyawan atas nama perusahaan.

Contoh biaya talangan yaitu apabila seorang karyawan mengadakan pertemuan dengan klien yang berpotensi. Karyawan itu menghabiskan Rp2.000.000 untuk tiket pesawat, Rp300.000 untuk transportasi, Rp1.500.000 untuk sebuah hotel, dan Rp500.000  untuk makanan — semua menggunakan uang pribadi karyawan tersebut. Setelah perjalanan, karyawan menyerahkan laporan pengeluaran sebesar Rp4.300.000 untuk pengeluaran mereka sendiri selama perjalanan. Perusahaan kemudian mengeluarkan pembayaran kembali sebesar Rp4.300.000 kepada karyawan.

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Pembayaran Kembali

Pembayaran atau penggantian nilai dan jumlah yang telah dibayar atau sesuatu yang telah diserahkan lebih dahulu berdasarkan syarat yang ditentukan; pembayaran oleh perusahaan asuransi sejumlah nilai telah dibayar oleh tertanggung untuk kemudian diganti dengan jumlah yang diperjanjikan (reimbursement).

Selengkapnya

Perusahaan

"n: Kegiatan (pekerjaan dan sebagainya) yang diselenggarakan dengan peralatan atau dengan cara teratur dengan tujuan mencari keuntungan (dengan menghasilkan sesuatu, mengolah atau membuat barang-barang, berdagang, memberikan jasa, dan sebagainya)."

Selengkapnya

Biaya

“Pengeluaran atau pengorbanan yang tak terhindarkan untuk mendapatkan barang atau jasa dengan tujuan memperoleh maslahat; pengeluaran untuk kegiatan, tujuan, atau waktu tertentu, seperti ongkos pengiriman, pengepakan, dan penjualan dimaksudkan untuk memperoleh penghasilan dalam laporan laba rugi perusahaan, komponen biaya merupakan pengurang dari pendapatan pengertian biaya berbeda dengan beban semua biaya adalah beban, tetapi tidak semua beban adalah biaya.”

Selengkapnya

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo