• Produk
  • Promo
  • Artikel
Kamus Keuangan

Biaya Tak-Langsung

Biaya perusahaan yang tidak secara langsung terkait pada produksi atau penjualan barang maupun jasa (indirect overhead).

Otoritas Jasa Keuangan

Apa Itu Biaya Tak-Langsung?

Biaya tak-langsung adalah biaya produksi yang bukan bagian dari manufaktur serta tidak dapat dihubungkan dan dibebankan secara langsung dengan unit produksi, dan secara akurat ditelusuri ke objek biaya. Dengan demikian, biaya tak-langsung tidak secara langsung terkait dengan produksi barang perusahaan atau penyediaan layanan kepada pelanggan.

Contoh biaya tak-langsung adalah gaji, iklan untuk pemasaran produk, biaya administrasi, dan sebagainya. Biaya tak-langsung sering disebut biaya overhead yang terbagi lagi menjadi biaya overhead pabrik, biaya penjualan, serta biaya umum dan administrasi.

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Biaya Modal

Tingkat pendapatan yang diperoleh dari suatu bisnis apabila bisnis tersebut memilih investasi lain dengan tingkat risiko yang berimbang; dengan kata lain, biaya modal merupakan biaya kesempatan yang hilang (opportunity cost) dan dana yang digunakan untuk investasi lain tersebut; biaya modal dapat juga dihitung dengan menggunakan rata-rata tertimbang atas biaya utang perusahaan serta klasifikasi modal (cost of capital).

Selengkapnya

Biaya

“Pengeluaran atau pengorbanan yang tak terhindarkan untuk mendapatkan barang atau jasa dengan tujuan memperoleh maslahat; pengeluaran untuk kegiatan, tujuan, atau waktu tertentu, seperti ongkos pengiriman, pengepakan, dan penjualan dimaksudkan untuk memperoleh penghasilan dalam laporan laba rugi perusahaan, komponen biaya merupakan pengurang dari pendapatan pengertian biaya berbeda dengan beban semua biaya adalah beban, tetapi tidak semua beban adalah biaya.”

Selengkapnya

Bisnis

"n usaha komersial dalam dunia perdagangan; bidang usaha; usaha dagang: bekerja di bidang -- kepariwisataan."

Selengkapnya

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo