• Produk
  • Promo
  • Artikel

Biaya Seluruh

Biaya langsung dan biaya tidak langsung; total biaya dan sertifikat deposito adalah bunga deposito yang dibayar kepada deposan, premi asuransi deposito, dan biaya kesempatan (opportunity cost) yang dikeluarkan bank untuk memelihara cadangan likuiditas wajib minimum di Bank Sentral; total biaya kredit adalah bunga yang harus dibayar yang meliputi biaya provisi, jasa, dan biaya lain-lain; dalam kredit bank, total biaya kredit meliputi bunga yang harus dibayar, biaya provisi, biaya komisi, biaya administrasi, dan biaya lain-lain (all in cost).

Otoritas Jasa Keuangan

Apa Itu Biaya Seluruh?

Biaya seluruh adalah setiap biaya yang terlibat dalam transaksi keuangan, seperti total biaya transaksi setelah komisi, suku bunga, dan biaya lainnya. Biaya keseluruhan dapat digunakan untuk menjelaskan total biaya dan bunga yang termasuk dalam transaksi keuangan, seperti pinjaman atau dalam perdagangan sekuritas. Dengan membandingkan semua biaya, investor dan peminjam dapat lebih mudah membandingkan potensi keuntungan bersih. Sebagai contoh, KPR memiliki tingkat pokok dan bunga, tetapi biaya seluruh dapat mencakup biaya provisi, biaya pajak, hingga biaya asuransi.

Jenis-jenis Biaya Seluruh

  • Pinjaman

Biaya seluruh dalam konteks pinjaman juga akan memperhitungkan penyesuaian akun yang bersamaan dengan pembiayaan tingkat variabel. Contohnya, jika seorang peminjam mengambil hipotek yang termasuk opsi untuk mengambil keuntungan dari bunga yang lebih rendah, mungkin ada biaya tambahan dalam opsi tersebut yang sesuai dengan ketentuan pinjaman. Biaya-biaya tersebut dapat mengimbangi potensi penghematan jangka pendek ketika biaya seluruh ditentukan. Ketentuan seperti itu bisa saja dibuat oleh pemberi pinjaman yang ingin menarik lebih banyak bisnis yang menguntungkan.

  • Pembiayaan (Financing)

Layaknya bentuk pembiayaan lainnya, kartu kredit juga dapat membawa biaya layanan yang menjadi faktor biaya seluruh. Kartu kredit krisis misalnya, tingkat bunganya lebih tinggi daripada rata-rata pasar. Mungkin ada juga biaya tambahannya yang meningkatkan hutang. Ketika hutang menumpuk, maka biaya seluruh juga akan meningkat. Jika seorang peminjam tidak akurat dalam menilai persyaratan kredit mereka dengan cermat, biaya seluruh dapat meningkat hingga di titik peminjam tidak mampu membayar bunga yang dimiliki.

  • Bisnis

Biaya seluruh dalam perspektif bisnis termasuk semua pengeluaran dan biaya yang terkait dengan operasional atau layanan perusahaan. Misalnya, biaya seluruh untuk perusahaan pertambangan dapat mencakup biaya proyek yang tidak terduga untuk membuka situs baru, seperti mencakup persyaratan mitigasi lingkungan.

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Bunga

"n Ek imbalan jasa untuk penggunaan uang atau modal yang dibayar pada waktu tertentu berdasarkan ketentuan atau kesepakatan, umumnya dinyatakan sebagai persentase dari modal pokok."

Selengkapnya

Biaya

“Pengeluaran atau pengorbanan yang tak terhindarkan untuk mendapatkan barang atau jasa dengan tujuan memperoleh maslahat; pengeluaran untuk kegiatan, tujuan, atau waktu tertentu, seperti ongkos pengiriman, pengepakan, dan penjualan dimaksudkan untuk memperoleh penghasilan dalam laporan laba rugi perusahaan, komponen biaya merupakan pengurang dari pendapatan pengertian biaya berbeda dengan beban semua biaya adalah beban, tetapi tidak semua beban adalah biaya.”

Selengkapnya

Pinjaman Lunak

“Fasilitas pinjaman dengan syarat-syarat pelunasan ringan, tingkat suku bunga rendah dan berjangka waktu panjang; fasilitas ini diberikan oleh bank pembangunan multilateral dan bilateral, seperti IBRD, OECF untuk pembiayaan proyek pembangunan di negara-negara berkembang; biasanya, pinjaman lunak tersebut berjangka waktu panjang sampai dengan 50 tahun, selama masa tenggang hanya membayar bunga dan biaya pelayanan negara berkembang dengan pendapatan per kapita rendah dan negara berkembang yang mempunyai masalah dalam neraca pembayaran akan memperoleh fasilitas dengan tingkat suku bunga yang lebih rendah dari jadwal pembayaran yang lebih ringan (soft loan).”

Selengkapnya

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo