• Produk
  • Promo
  • Artikel

Biaya Non-Operasional

Biaya yang merupakan beban perusahaan yang tidak berkaitan langsung dengan kegiatan pokok usaha perusahaan; biaya tak langsung (non-operating expenses).

Otoritas Jasa Keuangan

Apa Itu Biaya Non-Operasional?

Biaya non-operasional adalah biaya dalam bisnis yang tidak terkait dengan operasional. Jenis pengeluaran non-operasional yang paling umum adalah biaya bunga dan kerugian atas disposisi aset. Biaya-biaya ini biasanya dinyatakan pada laporan laba rugi setelah hasil dari operasi yang berkelanjutan. Ketika menganalisis hasil bisnis, akuntan perusahaan biasanya mengurangi biaya ini dari pendapatan, untuk memperkirakan potensi pendapatan maksimum perusahaan.

Contoh Biaya Non-Operasional

  • Biaya Bunga (Interest Expenses)

Biaya bunga adalah bunga yang dibayarkan kepada pihak lain atas jasanya dalam meminjamkan uang kepada perusahaan.

  • Biaya Sewa (Rent Expenses)

Biaya sewa adalah sewa yang dibayarkan kepada pihak lain atas jasanya meminjamkan suatu harta berupa barang atau properti kepada perusahaan.

  • Rugi (Loss)

Rugi yang ditanggung perusahaan termasuk dalam biaya non-operasional, karena perusahaan menjual harta selain barang-barang yang merupakan objek usaha pokoknya.

Kelebihan dan Kekurangan Biaya Non-Operasional

Kelebihan Biaya Non-Operasional

  • Akuntan yang melakukan analisis kesehatan keuangan perusahaan umumnya menghitung biaya non-operasional perusahaan dan mengurangi jumlah yang sama dari pendapatan perusahaan dari operasionalnya untuk memeriksa kinerja perusahaan dan memperkirakan potensi pendapatan maksimumnya.
  • Ketika biaya non-pengeluaran dihitung secara terpisah dan ditampilkan secara terpisah dalam laporan laba rugi perusahaan, maka itu menyajikan gambaran detail perusahaan yang jelas kepada semua stakeholder perusahaan dan membantu menilai kinerja aktual bisnis dengan cara yang jauh lebih baik.

Kekurangan Biaya Non-Operasional

  • Ada beberapa biaya yang membuat akuntan menjadi bingung apakah biaya yang ada harus dikategorikan sebagai biaya operasional atau biaya non-operasional perusahaan. Jadi, akuntan yang melakukan pembagian dari pengeluaran harus memiliki pengetahuan yang benar tentang biaya operasional dan biaya non-operasional untuk perusahaan.
  • Ada biaya yang dapat menjadi non-operasional untuk satu perusahaan sedangkan menjadi biaya operasional untuk perusahaan lain. Jadi, tidak ada kriteria standar untuk pembagiannya.

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Biaya Operasional

Biaya berupa pengeluaran uang untuk melaksanakan kegiatan pokok, yaitu berupa biaya penjualan dan administrasi untuk memperoleh pendapatan, tidak termasuk pengeluaran yang telah diperhitungkan dalam harga pokok penjualan dan penyusutan (operating expenses).

Selengkapnya

Perusahaan

"n: Kegiatan (pekerjaan dan sebagainya) yang diselenggarakan dengan peralatan atau dengan cara teratur dengan tujuan mencari keuntungan (dengan menghasilkan sesuatu, mengolah atau membuat barang-barang, berdagang, memberikan jasa, dan sebagainya)."

Selengkapnya

Pembukuan

“Pencatatan yang dilakukan oleh suatu perusahaan yang berisi setiap transaksi baik pengeluaran maupun pendapatan (bookkeeping).”

Selengkapnya

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo