• Produk
  • Promo
  • Artikel
Kamus Keuangan

Biaya Marginal Dana

Biaya tambahan atau selisih biaya yang timbul dari tambahan setiap rupiah untuk suatu pinjaman baru dengan asumsi biaya dana tetap tidak berubah; dalam teori akuntansi umum, biaya marginal untuk memperoleh dana akan menurun setelah mencapai skala ekonomi; dengan kata lain, biaya marginal berbanding terbalik dengan modal dasar lembaga keuangan karena bank yang lebih besar, yang tentunya mempunyai portofolio pinjaman pula, dapat lebih mudah masuk ke pasar modal dan pasar uang daripada bank kecil (marginal cost of funds).

Otoritas Jasa Keuangan

Apa Itu Biaya Marginal Dana?

Biaya marginal dana merangkap peningkatan biaya pembiayaan untuk badan usaha sebagai akibat dari bertambahnya setiap rupiah lagi untuk dana baru. Sebagai biaya tambahan atau biaya yang dibedakan, biaya marginal dana penting ketika membuat keputusan struktur modal. Ketika memilih di antara sumber modal atau jenis pembiayaan, manajer keuangan menggunakan biaya marginal dana untuk mengisolasi sumber-sumber metode pembiayaan yang secara bertahap menambahkan jumlah terkecil ke total biaya pendanaan. Biaya marginal dana sering dikelirukan dengan biaya dana rata-rata, yang akan dihitung dengan menghitung rata-rata tertimbang dari semua bentuk keuangan dan biaya dana masing-masing.

Metode biaya marginal dana ini biasanya digunakan untuk memenuhi permintaan kebutuhan kredit dan nasabah tertentu seperti nasabah utama/prima yang jumlahnya cukup besar, sehingga sumber dananya harus dicari pasar uang atau menerbitkan sertifikat deposito atau surat utang lainnya.

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Dana

"Uang tunai dan atau aktiva lain yang segera dapat diuangkan yang tersedia atau disisihkan untuk maksud tertentu (fund)."

Selengkapnya

Biaya Dana

Biaya yang harus dibayar oleh suatu lembaga keuangan atau bank atas penggunaan uang yang sumbernya dari pihak lain (nasabah dan atau bank); biaya dana dalam suatu bank merupakan dasar penetapan suku bunga kredit setelah memperhitungkan keuntungan yang diharapkan termasuk biaya administrasi dan biaya-biaya lain (cost of funds).

Selengkapnya

Lembaga Keuangan

“Lembaga yang menghimpun dana dari masyarakat dan menanamkannya dalam bentuk aset keuangan lain, misalnya kredit, surat-surat berharga, giro, dan aktiva produktif lainnya; yang termasuk dalam lembaga keuangan adalah bank dan lembaga keuangan nonbank (financial institution).”

Selengkapnya

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo