• Produk
  • Promo
  • Artikel

Biaya Dana

Biaya yang harus dibayar oleh suatu lembaga keuangan atau bank atas penggunaan uang yang sumbernya dari pihak lain (nasabah dan atau bank); biaya dana dalam suatu bank merupakan dasar penetapan suku bunga kredit setelah memperhitungkan keuntungan yang diharapkan termasuk biaya administrasi dan biaya-biaya lain (cost of funds).

Otoritas Jasa Keuangan

Apa Itu Biaya Dana?

Biaya dana atau yang dikenal dengan Cost of Funds adalah biaya yang harus dikeluarkan bank untuk setiap rupiah dana yang dihimpunnya dari berbagai sumber sebelum dikurangi dengan likuiditas wajib minimum yang harus selalu dipelihara oleh bank. Biaya dana adalah salah satu biaya input yang paling penting untuk lembaga keuangan karena biaya yang lebih rendah akan menghasilkan pengembalian yang lebih baik ketika dana tersebut digunakan untuk pinjaman jangka pendek dan jangka panjang kepada peminjam.

Unsur-unsur Biaya Dana

  1. Sumber Dana: Jenis-jenis dana yang dapat dihimpun bank, bisa dari dana sendiri maupun dana yang berasal dari luar, yang mana dalam perhitungannya sumber dana ini dibagi dua yaitu dana berbiaya dan dana tidak berbiaya.
  2. Jumlah Dana: Jumlah semua dana yang dapat dihimpun bank, baik dana dari dalam maupun dari luar.
  3. Loanable Fund: Dana yang dapat dialokasikan untuk pemberian kredit atau untuk pembelian surat-surat berharga dengan tujuan memperoleh penghasilan.
  4. Unloanable Fund: Dana yang tidak dapat dialokasikan untuk pemberian kredit dan investasi lainnya. Dana ini diperuntukkan bagi aktiva tetap dan pengelolaan likuiditas.
  5. Reserve Requirement: Dana yang ditahan bank untuk kepentingan likuiditas, besarnya dana ini akan ditentukan oleh Bank Indonesia.

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Biaya Dana

  • Tingkat suku bunga yang dibayar.
  • Komposisi dari portofolio sumber dana.
  • Ketentuan mengenai cadangan wajib minimum (reserve requirement).
  • Biaya pelayanan untuk mendapatkan dana (service cost).
  • Pajak atas bunga.
  • Tahun efisiensi.

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Dana

"Uang tunai dan atau aktiva lain yang segera dapat diuangkan yang tersedia atau disisihkan untuk maksud tertentu (fund)."

Selengkapnya

Bank

“Badan usaha di bidang keuangan yang menarik dan mengeluarkan uang dalam masyarakat, terutama memberikan kredit dan jasa dalam lalu lintas pembayaran dan peredaran uang.”

Selengkapnya

Biaya

“Pengeluaran atau pengorbanan yang tak terhindarkan untuk mendapatkan barang atau jasa dengan tujuan memperoleh maslahat; pengeluaran untuk kegiatan, tujuan, atau waktu tertentu, seperti ongkos pengiriman, pengepakan, dan penjualan dimaksudkan untuk memperoleh penghasilan dalam laporan laba rugi perusahaan, komponen biaya merupakan pengurang dari pendapatan pengertian biaya berbeda dengan beban semua biaya adalah beban, tetapi tidak semua beban adalah biaya.”

Selengkapnya

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo