• Produk
  • Promo
  • Artikel
Kamus Keuangan

Biaya Bukan Biaya Bunga

Biaya operasi tetap bank yang dapat diperhitungkan dengan pendapatan dari pinjaman, denda keterlambatan, iuran tahunan dan biaya atas fasilitas kredit atau pemberian jasa di luar kredit, misalnya biaya gaji, biaya peralatan, biaya sewa gedung dan perlengkapannya, pajak, dan biaya lain termasuk cadangan penghapusan kredit macet (noninterest expense).

Otoritas Jasa Keuangan

Apa Itu Biaya Bukan Biaya Bunga?

Biaya bukan biaya bunga adalah biaya operasional bank atau lembaga keuangan yang diklasifikasikan secara terpisah dari biaya bunga dan cadangan kerugian kredit. Contoh-contoh biaya bukan biaya bunga adalah gaji, bonus, dan tunjangan karyawan; penyewaan atau penyewaan peralatan; biaya teknologi informasi, sewa, layanan telekomunikasi, pajak, layanan profesional, pemasaran; dan amortisasi benda tak berwujud. Biaya bukan biaya bunga adalah biaya selain pembayaran bunga deposito dan obligasi. Biaya-biaya ini seringkali merupakan biaya operasional yang dikeluarkan dalam menjalankan bank sehari-hari.

Biaya bukan biaya bunga biasanya lebih tinggi untuk bank investasi daripada bank komersial. Alasan utamanya adalah bahwa bank investasi lebih bergantung pada perdagangan, manajemen aset, dan layanan konsultasi pasar modal, yang semuanya membutuhkan tingkat kompensasi karyawan yang lebih tinggi.

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Biaya

“Pengeluaran atau pengorbanan yang tak terhindarkan untuk mendapatkan barang atau jasa dengan tujuan memperoleh maslahat; pengeluaran untuk kegiatan, tujuan, atau waktu tertentu, seperti ongkos pengiriman, pengepakan, dan penjualan dimaksudkan untuk memperoleh penghasilan dalam laporan laba rugi perusahaan, komponen biaya merupakan pengurang dari pendapatan pengertian biaya berbeda dengan beban semua biaya adalah beban, tetapi tidak semua beban adalah biaya.”

Selengkapnya

Bunga

"n Ek imbalan jasa untuk penggunaan uang atau modal yang dibayar pada waktu tertentu berdasarkan ketentuan atau kesepakatan, umumnya dinyatakan sebagai persentase dari modal pokok."

Selengkapnya

Bank

“Badan usaha di bidang keuangan yang menarik dan mengeluarkan uang dalam masyarakat, terutama memberikan kredit dan jasa dalam lalu lintas pembayaran dan peredaran uang.”

Selengkapnya

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo