• Produk
  • Promo
  • Artikel

BI Rate

"Suku bunga referensi kebijakan moneter dan ditetapkan dalam Rapat Dewan Gubernur setiap bulannya."

Otoritas Jasa Keuangan

Apa itu BI Rate?

BI Rate adalah suku bunga acuan yang ditetapkan oleh Bank Indonesia lewat Rapat Dewan Gubernur tiap bulannya. Setelah ditetapkan, nilai BI Rate diumumkan ke publik sebagai referensi suku bunga acuan kredit. Oleh sebab itu, BI Rate sangat memengaruhi suku bunga dari bank atau perusahaan pembiayaan (leasing) untuk transaksi kredit.

Selain itu, BI Rate juga mencerminkan sikap kebijakan moneter dari Bank Indonesia. Oleh sebab itu, penetapan BI Rate oleh Bank Indonesia harus dengan perhitungan yang masak. Ada beberapa faktor yang memengaruhi penetapan BI Rate yaitu inflasi, makroekonomi, kebijakan moneter yang akan datang, serta faktor ekonomi lainnya.

Fungsi BI Rate dalam Ekonomi Indonesia

Setelah mengetahui tentang pengertian BI Rate, sekarang waktunya memahami fungsi BI Rate dalam kehidupan ekonomi.

 

  • Mengontrol Laju Inflasi

 

BI Rate erat sekali hubungannya dengan inflasi. Ini karena inflasi merupakan salah satu faktor yang memengaruhi penetapan BI Rate. Inflasi dapat diartikan sebagai kenaikan harga-harga secara terus menerus. Hal ini dipengaruhi oleh banyaknya peredaran mata uang di dalam negeri, jumlah produksi suatu barang dan jumlah peminatnya.

Untuk mengatasi meningkatnya harga-harga barang, pemerintah mensiasatinya dengan penetapan BI Rate untuk mengontrol laju inflasi. Caranya adalah dengan menekan peredaran uang. Apabila inflasi naik, BI Rate juga naik, setelah uang ditekan peredarannya, Bank Indonesia (BI) dapat menurunkan BI Rate.

 

  • Menjaga Ekonomi Tetap Stabil

 

BI Rate sangat memengaruhi suku bunga acuan pada lembaga perbankan. Apabila BI Rate naik, suku bunga deposito dan kredit juga ikut naik. Hal ini juga berlaku sebaliknya, apabila BI Rate turun, suku bunga deposito dan kredit juga turun. Ini dilakukan agar terjadinya pemerataan suku bunga di semua lembaga perbankan berdasarkan dengan keadaan ekonomi saat ini.

 

BI 7-Day (reverse) Repo Rate

Apabila BI Rate turun, bank-bank yang menyimpan uang di Bank Indonesia (BI), tidak serta merta bisa menarik uangnya langsung. Dibutuhkan waktu 1 tahun untuk dapat menariknya. Oleh sebab itu, BI memberlakukan BI 7-Day (reverse) Repo Rate. Jadi, bank-bank tersebut bisa mengambil uang yang disimpan di BI dalam jangka waktu 7 hari setelah penyimpanan dan berlaku kelipatannya (7 hari, 14 hari, 21 hari, dan seterusnya) dengan besaran bunga seperti yang dijanjikan di awal.

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Bunga

"n Ek imbalan jasa untuk penggunaan uang atau modal yang dibayar pada waktu tertentu berdasarkan ketentuan atau kesepakatan, umumnya dinyatakan sebagai persentase dari modal pokok."

Selengkapnya

Bank

“Badan usaha di bidang keuangan yang menarik dan mengeluarkan uang dalam masyarakat, terutama memberikan kredit dan jasa dalam lalu lintas pembayaran dan peredaran uang.”

Selengkapnya

Bank Indonesia

"Bank sentral Republik Indonesia sebagaimana dimaksud dalam undang-undang yang berlaku.."

Selengkapnya

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo