• Produk
  • Promo
  • Artikel

Berita Penolakan

Surat yang dibuat oleh notaris atas perintah pemegang cek atau wesel karena pihak tertarik atau bank menolak untuk melakukan pembayaran (notice of dishonor).

Otoritas Jasa Keuangan

Apa Itu Berita Penolakan?

Berita penolakan adalah pemberitahuan formal yang menyatakan bahwa bank yang memberikan cek atau draf tidak akan menyetujui instrumen tersebut. Berita penolakan dapat diberikan kepada pemegang atau penyaji instrumen, atau juga dapat diberikan kepada lembaga penerbit. Berita penolakan juga dikenal sebagai sertifikat tidak disetujui.

Unsur-unsur Dalam Berita Penolakan

Untuk menyampaikan berita penolakan yang valid, diperlukan unsur-unsur berikut di dalamnya:

  1. Nominal dari tagihan untuk memastikan identitasnya yang menyampaikan fakta sebenarnya tanpa ada ragu.
  2. Memuat pernyataan bahwa tagihannya telah diajukan kepada penerima pembayaran untuk diterima, ketika penerimaan ditolak, atau kepada penerima tagihan atau pembuat catatan untuk pembayaran pada saat jatuh tempo, dan diberhentikan.
  3. Berita penolakan harus menyatakan bahwa pemegang atau orang lain yang memberikan berita penolakan tersebut akan meminta orang yang menerima berita penolakan tersebut untuk penggantian dan ganti rugi.

Contoh Penerimaan Berita Penolakan

Andi menulis cek kepada Budi, tetapi Andi tidak memiliki cukup dana untuk membayar cek. Ketika Budi mencoba untuk menyetor cek itu di rekening banknya, bank rekening Budi mengembalikannya ke bank rekening Andi dengan berita penolakan, yang menyatakan bahwa mereka tidak akan membayar cek karena kekurangan dana. Andi sekarang bertanggung jawab atas jumlah cek, dan begitu juga bank rekening Andi.

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Cek

"Tanda berupa coretan atau yang serupa pada sesuatu yang menyatakan bahwa sesuatu itu telah diverifikasi; 2. perintah tertulis nasabah kepada bank untuk menarik dananya sejumlah tertentu atas namanya atau atas unjuk (cheque)."

Selengkapnya

Bank

“Badan usaha di bidang keuangan yang menarik dan mengeluarkan uang dalam masyarakat, terutama memberikan kredit dan jasa dalam lalu lintas pembayaran dan peredaran uang.”

Selengkapnya

Dokumen

“surat yang tertulis atau tercetak yang dapat dipakai sebagai bukti keterangan (seperti akta kelahiran, surat nikah, surat perjanjian.”

Selengkapnya

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo