• Produk
  • Promo
  • Artikel
Kamus Keuangan

Beli Utang

Pengambilalihan perusahaan oleh seseorang atau sekelompok investor yang menggunakan dana pinjaman dengan jaminan berupa harta yang dimiliki oleh perusahaan yang diambil alih atau harta milik investor tersebut; pengembalian dana pinjaman diambil dari pendapatan perusahaan yang diambil alih (leverage buy-out).

Otoritas Jasa Keuangan

Pembelian terutang (bahasa Inggris: leveraged buyout; LBO) adalah akuisisi (biasanya perusahaan, tetapi bisa pula aset tunggal seperti real estat) yang harga belinya dibantu oleh gabungan saham dan utang dan yang arus kas atau aset targetnya dipakai untuk menjamin dan melunasi utang.

Wikipedia

Apa Itu Beli Utang?

Beli utang atau yang dikenal dengan Leveraged Buyout (LBO) adalah proses membiayai akuisisi dengan utang. Strategi yang diterapkan dalam akuisisi perusahaan lain atau pembelian sebagian besar saham perusahaan oleh perusahaan lain dengan cara dengan menggunakan uang pinjaman (misal menerbitkan obligasi atau memperoleh pinjaman) perusahaan yang mengakuisisi menggunakan aset mereka sebagai jaminan/kolateral dengan harapan bahwa arus kas mereka pada masa yang akan datang dapat menutupi pembayaran kewajiban utang tersebut.

Kriteria Perusahaan yang Ideal Dijadikan Target Beli Utang

Dalam proses beli utang, pembeli akan menempatkan sejumlah besar hutang pada perusahaan, sangat penting bahwa perusahaan menjadi stabil dan mampu melunasi hutang masa depan, jika tidak maka kemungkinan akan gagal bayar dan bangkrut. Dengan mengingat hal itu, berikut adalah beberapa jenis perusahaan yang ideal untuk dijadikan target beli utang:

  • Perusahaan memiliki bisnis dengan arus kas yang stabil dan kuat.
  • Perusahaan dengan tingkat hutang rendah.
  • Bisnis non-siklus.
  • Perusahaan dengan parit ekonomi besar.
  • Perusahaan dengan tim manajemen yang baik.
  • Perusahaan dengan basis aset besar yang dapat digunakan untuk jaminan.
  • Perusahaan yang hampir bangkrut di industri yang baik.

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Akuisisi

“Pemindahan kepemilikan perusahaan atau aset (dalam industri perbankan terjadi apabila pembelian saham di atas 50%); pengambilalihan kepemilikan perusahaan atau aset.”

Selengkapnya

Ambil Alih

ambil alih/am·bil a·lih/ v, mengambil alih/meng·am·bil a·lih/ v menggantikan (pimpinan, kemudi, dan sebagainya)

Selengkapnya

Perusahaan

"n: Kegiatan (pekerjaan dan sebagainya) yang diselenggarakan dengan peralatan atau dengan cara teratur dengan tujuan mencari keuntungan (dengan menghasilkan sesuatu, mengolah atau membuat barang-barang, berdagang, memberikan jasa, dan sebagainya)."

Selengkapnya

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo