• Produk
  • Promo
  • Artikel

Bebas Biaya Ke Sisi Kapal

Syarat-syarat penyerahan barang dalam penentuan harga yang menyatakan bahwa risiko dari semua biaya pengangkutan barang sampai ke sisi kapal di pelabuhan pengiriman menjadi tanggungan penjual (free alongside ship/FAS).

Otoritas Jasa Keuangan

Free Alongside Ship (FAS) adalah bagian dari Incoterms. Dalam penyerahan barang dengan menggunakan persyaratan Free Alongside Ship yang memiliki kewajiban utama adalah pembeli dengan memikul biaya pengangkutan barang dan risiko terhadap barang. Selain itu pembeli memiliki kewajiban untuk mengurus formalitas ekspor.

Wikipedia

Apa Itu Bebas Biaya Ke Sisi Kapal?

Bebas biaya ke sisi kapal atau yang biasa disebut sebagai Free Alongside Ship (FAS) adalah istilah yang digunakan dalam kontrak perdagangan internasional yang menunjukkan bahwa penjual harus mengatur agar barang yang dibeli dikirim di sebelah kapal tertentu di pelabuhan tertentu agar siap untuk dipindahkan ke kapal yang menunggu. Free alongside ship adalah salah satu dari sejumlah istilah komersial yang diakui secara internasional yang digunakan oleh bisnis yang terlibat dalam perdagangan.

Kewajiban Penjual & Pembeli dalam Bebas Biaya Ke Sisi Kapal

Kewajiban Penjual:

  • Menyediakan barang dan commercial invoice sesuai dengan kontrak yang sudah disetujui.
  • Menyelesaikan perizinan ekspor dan kewajiban dari otoritas pemerintah lainnya dengan resiko dan biaya dari pihak penjual sendiri.
  • Menyerahkan barang kepada pengangkut yang ditunjuk pembeli di samping kapal sesuai dengan kontrak. Pada titik ini akan terjadi peralihan resiko dari penjual kepada pembeli. Maka dari itu, penjual wajib menanggung biaya pengangkutan barang hingga sampai di area pelabuhan. Akan tetapi, biaya yang timbul dalam rangka terminal handling maupun bongkar-muat barang di pelabuhan keberangkatan, tetap menjadi tanggung jawab pembeli.

Kewajiban Pembeli:

  • Membayar sesuai dengan nilai yang dipersyaratkan dalam kontrak.
  • Menyelesaikan segala kewajiban formalitas impor, atas resiko dan biaya sendiri.
  • Membuka kontrak pengangkutan utama dengan pengangkut, atas biaya dan resiko sendiri.
  • Menanggung segala resiko atas pengangkutan barang mulai dari titik peralihan resiko, yaitu saat barang telah diserahterimakan oleh penjual kepada pengangkut yang ditunjuk oleh pembeli di samping kapal.

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Bebas Biaya Ke Atas Kapal

Syarat-syarat penyerahan barang dalam penentuan harga yang menyatakan bahwa risiko dan semua biaya pengangkutan barang sampai ke atas kapal di pelabuhan pengiriman ditanggung oleh penjual (free on board/FOB).

Selengkapnya

Pengangkutan Di Darat

Jenis kegiatan ekonomi berupa pemberian jasa angkutan barang atau orang di darat, seperti yang dilakukan oleh perusahaan bus dan taksi (land transportation).

Selengkapnya

Ekspor

/ékspor/

Selengkapnya

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo