• Produk
  • Promo
  • Artikel
Kamus Keuangan

Beban

"Biaya yang dibebankan atas jasa yang dilakukan oleh bank pada akun nasabahnya; pembebanan tersebut dapat dilakukan setiap triwulan atau semester sesuai dengan kesepakatan bank dengan nasabahnya;. beban biaya tersebut terdiri atas provisi dan atau biaya atas jumlah cerukan yang dilakukan oleh nasabahnya (charges)."

Otoritas Jasa Keuangan

Apa itu Beban?

Beban atau expense adalah suatu penurunan manfaat ekonomi dalam suatu periode akuntansi dalam bentuk arus keluar atau berkurangnya aktiva atau terjadinya kewajiban yang menyebabkan penurunan ekuitas yang tidak menyangkut pembagian kepada penanam modal

Beban terjadi dikarenakan dua hal, pertama yang berasal dari biaya yang telah melampaui masanya, dan kedua karena penggunaan maksudnya beban tersebut muncul atas pemanfaatan tertentu atau utilitas (misalnya penggunaan listrik).

Beban diakui dalam laporan laba rugi berdasarkan hal-hal sebagai berikut:

  1. Adanya penurunan aktiva tetap yang digunakan perusahaan.
  2. Adanya proses produksi untuk menghasilkan barang atau jasa.
  3. Adanya kewajiban perusahaan terhadap karyawan, misalnya pembayaran gaji.
  4. Adanya kewajiban perusahaan tanpa diiringi dengan perolehan aktiva, misalnya garansi produk.

Jenis-jenis Beban

  1. Beban penjualan, merupakan semua beban yang muncul dalam berjualan dan memasarkan barang seperti kegiatan promosi dan pengangkutan barang yang akan dijual.
  2. Beban administrasi dan umum, merupakan beban yang bersifat umum dalam perusahaan. Misalnya beban gaji dan upah.
  3. Beban lain-lain, merupakan beban yang tidak dapat dihubungkan secara langsung dengan kegiatan utama perusahaan. Misalnya, beban bunga

Terdapat jenis beban lain yang mendukung kegiatan operasional perusahaan, yaitu:

  1. Beban Akrual (Accrued Expense), merupakan beban yang masih harus dibayarkan, tetapi pembayarannya belum dilakukan sampai periode selanjutnya.
  2. Beban Kredit Macet (Bad Debts Expense), merupakan beban yang timbul karena tindakan tertagihnya piutang usaha. 
  3. Beban Operasional (Operational Expense), terdiri atas beban penjualan dan beban umum administrasi. Jenis beban ini menyangkut keseluruhan beban yang berhubungan dengan aktivitas operasional perusahaan.
  4. Beban Penyusutan (Depreciation Expense), merupakan beban yang timbul karena pemakaian aktiva berwujud.
  5. Beban yang Ditangguhkan (Deffered Expense, Prepaid Expense), disebut juga sebagai beban dibayar di muka atau pengeluaran yang sudah dibayarkan, tetapi manfaat ekonomisnya belum terasa.

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Biaya

“Pengeluaran atau pengorbanan yang tak terhindarkan untuk mendapatkan barang atau jasa dengan tujuan memperoleh maslahat; pengeluaran untuk kegiatan, tujuan, atau waktu tertentu, seperti ongkos pengiriman, pengepakan, dan penjualan dimaksudkan untuk memperoleh penghasilan dalam laporan laba rugi perusahaan, komponen biaya merupakan pengurang dari pendapatan pengertian biaya berbeda dengan beban semua biaya adalah beban, tetapi tidak semua beban adalah biaya.”

Selengkapnya

Pendapatan

"n: Hasil kerja (usaha dan sebagainya); pencarian: ~nya sebulan tidak mencukupi."

Selengkapnya

Laba

"Kelebihan pendapatan dibandingkan dengan jumlah biaya yang dikeluarkan untuk memperoleh pendapatan tersebut (profit)."

Selengkapnya

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo