• Produk
  • Promo
  • Artikel

Beban Tetap

Kewajiban yang harus dibayar pada saat jatuh tempo tidak bergantung kepada ada atau tidak adanya kegiatan usaha (fixed charges).

Otoritas Jasa Keuangan

Apa Itu Beban Tetap?

Beban tetap adalah segala jenis biaya yang berulang secara berkala, terlepas dari volume bisnisnya. Biaya tetap terutama mencakup pinjaman (pokok dan bunga) dan pembayaran sewa, tetapi definisi "biaya tetap" dapat diperluas untuk mencakup asuransi, utilitas, dan pajak untuk tujuan menyusun perjanjian pinjaman oleh pemberi pinjaman.

Ada biaya tertentu yang biasanya sudah ditetapkan dalam perjanjian, seperti kontribusi dana pensiun, yang juga termasuk dalam beban tetap. Pemberi pinjaman sering melihat biaya tetap untuk menentukan kemampuan debitur untuk membayar kembali pinjaman. Dua kategori utama dari beban tetap adalah pembayaran pinjaman dan pembayaran sewa sejauh dengan yang berkaitan dengan pemberi pinjaman kepada perusahaan.

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Jatuh Tempo

“Batas waktu pembayaran atau penerimaan sesuatu dengan yang telah ditetapkan; sudah lewat waktunya; kedaluwarsa.”

Selengkapnya

Tagihan

"hasil menagih,uang dan sebagainya yang harus ditagih."

Selengkapnya

Biaya

“Pengeluaran atau pengorbanan yang tak terhindarkan untuk mendapatkan barang atau jasa dengan tujuan memperoleh maslahat; pengeluaran untuk kegiatan, tujuan, atau waktu tertentu, seperti ongkos pengiriman, pengepakan, dan penjualan dimaksudkan untuk memperoleh penghasilan dalam laporan laba rugi perusahaan, komponen biaya merupakan pengurang dari pendapatan pengertian biaya berbeda dengan beban semua biaya adalah beban, tetapi tidak semua beban adalah biaya.”

Selengkapnya

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo