• Produk
  • Promo
  • Artikel
Kamus Keuangan

Beban Ditangguhkan

Pengeluaran yang belum merupakan biaya dalam tahun buku yang sedang berjalan, tetapi masih tercatat sebagai harta (deferred charges).

Otoritas Jasa Keuangan

Apa Itu Beban Ditangguhkan?

Beban ditangguhkan adalah biaya yang dibayar dimuka jangka panjang, tetapi aset dasarnya tidak akan sepenuhnya digunakan/dikonsumsi sampai satu atau beberapa periode masa depan telah selesai. Maka dari itu, beban yang ditangguhkan dilakukan di neraca sebagai aset sampai biaya tersebut digunakan. Setelah digunakan, biaya yang ditangguhkan akan diklasifikasi sebagai beban dalam periode berjalan. Biaya yang ditangguhkan seringkali berasal dari bisnis yang melakukan pembayaran untuk barang dan jasa yang belum diterimanya, seperti premi asuransi dibayar di muka atau sewa.

Contoh Beban Ditangguhkan

Untuk menerima diskon, beberapa perusahaan membayar sewa dimuka. Pembayaran dimuka ini dicatat sebagai biaya yang ditangguhkan di neraca dan dianggap sebagai aset sampai dibebankan sepenuhnya. Setiap bulan, perusahaan mengakui sebagian dari sewa dibayar dimuka sebagai beban pada laporan keuangan. Setiap bulannya, entri lain dibuat untuk memindahkan uang tunai dari biaya yang ditangguhkan di neraca ke biaya sewa pada laporan laba rugi.

Biaya yang ditangguhkan adalah setara dengan biaya dibayar dimuka jangka panjang, yang merupakan pengeluaran yang dibayarkan untuk aset dasar yang akan dikonsumsi pada periode mendatang, biasanya beberapa bulan. Biaya dibayar di muka adalah rekening koran, sedangkan biaya ditangguhkan adalah rekening tidak lancar.

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Pembukuan

“Pencatatan yang dilakukan oleh suatu perusahaan yang berisi setiap transaksi baik pengeluaran maupun pendapatan (bookkeeping).”

Selengkapnya

Akuntansi

"Teori dan praktik perakunan, termasuk tanggung jawab, prinsip, standar, kelaziman (kebiasaan), dan semua kegiatannya."

Selengkapnya

Neraca

/ne·ra·ca/

Selengkapnya

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo