• Produk
  • Promo
  • Artikel

Bearish

Apa itu Bearish?

Bear merupakan sebutan untuk investor yang percaya bahwa sekuritas tertentu, atau pasar yang lebih luas mengarah ke bawah dan dapat mencoba mengambil untung dari penurunan harga saham. Bear biasanya pesimis tentang keadaan pasar tertentu atau ekonomi yang mendasarinya. Sebagai contoh, jika seorang investor bearish pada Standard & Poor's (S&P) 500, investor itu akan mengharapkan harga turun dan berusaha untuk mendapat untung dari penurunan indeks pasar luas.

Sentimen bearish dapat berlaku untuk semua jenis pasar termasuk pasar komoditas, pasar saham, dan pasar obligasi. Pasar saham terus berubah karena investor bear dan rekan-rekan optimis mereka (yang disebut bulls) mencoba untuk mengambil kendali.

Karakteristik Investor Bear

Karena mereka pesimis mengenai arah pasar, investor bear menggunakan berbagai teknik yang tidak seperti strategi investasi tradisional pada umumnya, mereka biasanya meraup untung ketika pasar jatuh dan kehilangan uang ketika naik. Teknik yang paling umum dikenal sebagai penjualan pendek. Strategi ini mewakili kebalikan dari mentalitas investasi beli-rendah-jual-tinggi. 

Short selling dimungkinkan dengan meminjam saham dari broker untuk menjual. Setelah menerima hasil dari penjualan, short seller masih berutang kepada broker jumlah saham yang dipinjam. Tujuannya, kemudian, adalah untuk mengisi kembali kantong mereka di kemudian hari dan dengan harga lebih rendah. Hal ini memungkinkan mereka untuk mengantongi berbagai keuntungan. 

Dibandingkan dengan investasi tradisional, short selling penuh dengan risiko yang lebih besar. Dalam investasi tradisional, karena harga sekuritas hanya dapat jatuh ke nol, investor hanya dapat kehilangan jumlah yang diinvestasikan. Dengan short selling, harga secara teoritis dapat naik hingga tak terbatas.

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Investor

Penanam uang atau modal; orang yang menanamkan uangnya dalam usaha dengan tujuan mendapatkan keuntungan -- besar penanam uang yang bermodal banyak; -- kecil penanam uang yang bermodal sedikit; -- publik masyarakat yang menanamkan modalnya dalam pasar modal atau bursa efek.

Selengkapnya

Saham

"bagian; andil; sero (tentang permodalan): --nya tertanam dalam berbagai perusahaan."

Selengkapnya

Sekuritas

/se·ku·ri·tas/

Selengkapnya

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo