• Produk
  • Promo
  • Artikel

Bea Pabean

"Pajak atas barang yang diimpor dan diekspor berdasarkan tarif yang telah ditentukan oleh pemerintah (customs duties)."

Otoritas Jasa Keuangan

Apa itu Bea Pabean?

Bea Pabean adalah suatu bea yang ditentukan dalam tarif Pabean yang dikenakan pada barang yang memasuki atau meninggalkan daerah Paeban. Pabean sendiri merupakan instansi yang bertugas untuk mengawasi, memungut, dan mengurus bea masuk dan bea keluar melalui darat, laut, dan udara.

Di Indonesia, badan yang bertanggung jawab atas bea pabean adalah Direktorat Jenderal Bea dan Cukai sebagai unsur pelaksana tugas pokok dan fungsi Departemen Keuangan Republik Indonesia dalam bidang kepabeanan dan cukai. Menurut Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2006 tentang Kepabeanan, Kepabeanan sendiri berarti segala sesuatu yang berhubungan dengan pengawasan atas lalu lintas barang yang masuk atau keluar daerah pabean serta pemungutan bea masuk dan bea keluar.

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Bea Meterai

"Pajak atas tanda bukti suatu perbuatan yang dilunasi, misalnya dengan kertas meterai atau meterai tempel (stamp duty)."

Selengkapnya

Bea Impor

"Pajak yang dipungut atas barang yang masuk ke dalam negeri (import duty)."

Selengkapnya

Kawasan Pabean

"Kawasan instansi (jawatan, kantor) yang mengawasi, memungut, dan mengurus bea masuk (impor) dan bea keluar (ekspor), baik melalui darat, laut, maupun melalui udara."

Selengkapnya

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo