• Produk
  • Promo
  • Artikel
Kamus Keuangan

Bea Impor

"Pajak yang dipungut atas barang yang masuk ke dalam negeri (import duty)."

Otoritas Jasa Keuangan

Apa itu Bea Impor?

Bea Impor adalah bea yang dikenakan pada barang yang measuki daerah pabean. Daerah pabean berarti wilayah Republik Indonesia yang meliputi wilayah darat, perairan, ruang udara di atasnya, dan tempat-tempat tertentu yang masuk ke dalam Zona Ekonomi Eksklusif dan Landas Kontinen yang di dalamnya berlaku Undang-Undang Kepabeanan.

Tujuan bea impor adalah untuk membatasi permintaan konsumen pada produk impor dan mendorong konsumen untuk menggunakan produk domestik. Semakin tinggi proteksi suatu negara pada produk domestiknya, maka semakin tinggi tarif pajak yang dikenakan. 

Perhitungan Bea Impor

Bagi barang-barang impor yang masuk tidak melalui Perusahaan Jasa Titipan, cara menghitungnya adalah sebagai berikut:

  • Bea impor Masuk = CIF x tarif bea masuk (bisa 0%, 5%, 10% dst. lihat di BTBMI (Buku Tarif Bea Masuk Indonesia) yang sekarang dinamakan BTKI (Buku Tarif Kepabeanan Indonesia).
  • PPN (Pajak Pertambahan Nilai) = (CIF + bea impor masuk) * 10%
  • PPh (Pajak Penghasilan) = (CIF + bea impor masuk) * 7.5% (bisa kena 2,5% bila punya API, atau 15% bila tidak punya NPWP)

Sedangkan untuk barang-barang impor yang masuk melalui Perusahaan Jasa Titipan atau kantor pos, tata cara perhitungannya sama dengan rumus di atas, hanya sebelumnya harga barang dikurangi nilai yang diberikan pembebasan terlebih dahulu, yaitu sebesar FOB (Freight on Board) USD50,00.

Untuk barang yang harganya di bawah USD50, barang tersebut dibebaskan dari pungutan bea impor dan PDRI atau gratis tidak bayar bea impor masuk dan pajak. 

Bea Masuk = (CIF) * tarif bea masuknya

PPN = (CIF + bea masuk) * 10%

PPh = (CIF + bea masuk) * 7.5%

di mana,

C = Cost (harga barang)

I = Insurance (asuransi)

F = Freight (ongkos kirim)

PDRI = Pajak Dalam Rangka Impor yang terdiri dari Pajak Pertambahan Nilai (PPN), Pajak Penghasilan (PPh pasal 22 Impor), dan Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM).

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Kawasan Pabean

"Kawasan instansi (jawatan, kantor) yang mengawasi, memungut, dan mengurus bea masuk (impor) dan bea keluar (ekspor), baik melalui darat, laut, maupun melalui udara."

Selengkapnya

Bea Meterai

"Pajak atas tanda bukti suatu perbuatan yang dilunasi, misalnya dengan kertas meterai atau meterai tempel (stamp duty)."

Selengkapnya

Direktorat Jenderal Pajak

"Direktorat Jenderal Pajak mempunyai tugas merumuskan serta melaksanakan kebijakan dan standardisasi teknis di bidang perpajakan."

Selengkapnya

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo