• Produk
  • Promo
  • Artikel
Kamus Keuangan

Batas Maksimal Kredit

Jumlah maksimum yang disanggupi bank untuk menyediakan dana bagi nasabah dalam waktu tertentu (line of credit).

Otoritas Jasa Keuangan

Apa itu Batas Maksimal Kredit?

Batas Maksimal Kredit adalah batas pinjaman terprogram yang dapat digunakan kapan saja. Peminjam dapat mengambil uang sesuai kebutuhan sampai batas tercapai, dan ketika uang dilunasi, ia dapat dipinjam lagi dalam kasus jalur kredit terbuka.

Lebih jelasnya, Batas Maksimal Kredit adalah pengaturan antara lembaga keuangan (biasanya bank) dan pelanggan yang menetapkan jumlah pinjaman maksimum yang dapat dipinjam oleh pelanggan. Peminjam dapat mengakses dana dari jalur kredit kapan saja asalkan tidak melebihi jumlah maksimum (atau batas kredit) yang ditetapkan dalam perjanjian dan memenuhi persyaratan lain seperti melakukan pembayaran minimum tepat waktu. Hal tersebut biasanya ditawarkan sebagai fasilitas dalam pinjaman.

Cara Kerja Batas Maksimal Kredit

Batas Maksimal Kredit terdiri dari sejumlah uang yang dapat dipinjam sesuai kebutuhan, dibayar kembali, dan dipinjam lagi. Jumlah bunga, ukuran pembayaran, dan aturan lain ditetapkan oleh pemberi pinjaman. Beberapa jalur kredit memungkinkan Anda untuk menulis cek (draft) sementara yang lain menyertakan jenis kartu kredit atau debit. Seperti disebutkan di atas, Batas Maksimal Kredit dapat dijamin (dengan agunan) atau tanpa jaminan, dengan Batas Maksimal Kredit tanpa jaminan biasanya dikenakan tingkat bunga yang lebih tinggi.

Batas Maksimal Kredit memiliki fleksibilitas bawaan, yang merupakan keunggulan utamanya. Peminjam dapat meminta jumlah tertentu, tetapi mereka tidak harus menggunakan semuanya. Sebaliknya, mereka dapat menyesuaikan pengeluaran mereka pada Batas Maksimal Kredit dengan kebutuhan mereka dan berhutang bunga hanya pada jumlah yang mereka ambil, bukan pada seluruh batas kredit. Selain itu, peminjam dapat menyesuaikan jumlah pembayaran mereka sesuai kebutuhan, berdasarkan anggaran atau arus kas mereka. Mereka dapat membayar, misalnya, seluruh saldo terutang sekaligus atau hanya melakukan pembayaran bulanan minimum.

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Batas Kredit

Jumlah maksimum kredit yang dapat diberikan dan atau disediakan oleh bank atau perusahaan tertentu kepada nasabah debiturnya, baik dalam rangka pemenuhan perjanjian kredit maupun jumlah maksimum dalam penggunaan kartu kredit (credit limit).

Selengkapnya

Pinjaman Nisbah Tinggi

“Pinjaman hipotek yang jumlahnya mendekati nilai barang yang diagunakan yang nisbahnya lebih dari 80%; biasanya agunan yang bernisbah tinggi tersebut diasuransikan; misalnya, pinjaman hipotek di Indonesia adalah pinjaman untuk kredit pemilikan rumah.”

Selengkapnya

Jaminan

"n tanggungan atas pinjaman yang diterima; agunan: ia meminjam uang kepada bank dengan ~ sebuah rumah dan sebidang tanah miliknya"

Selengkapnya

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo