• Produk
  • Promo
  • Artikel

Batas Kredit Negara

Batas pemberian kredit yang dapat diberikan oleh suatu bank kepada seluruh peminjam, baik publik maupun swasta dalam suatu negara (country limit).

Otoritas Jasa Keuangan

Apa itu Batas Kredit Negara?

Dalam perbankan, batas kredit negara mengacu pada batas yang ditempatkan oleh bank pada jumlah pinjaman yang dapat diberikan kepada peminjam di negara tertentu. Batas bank mirip dengan batas industri yang digunakan oleh beberapa investor saham untuk mengelola eksposur mereka ke sektor industri tertentu.

Batas kredit negara biasanya berlaku untuk semua peminjam, terlepas dari apakah mereka publik atau pribadi, individu atau institusi. Hal ini juga berlaku untuk semua jenis pinjaman, termasuk hipotek, pinjaman bisnis dan jalur kredit (LOC), pinjaman pribadi, dan segala bentuk pinjaman lainnya. Meskipun faktor-faktor seperti kelayakan kredit peminjam tentu saja dipertimbangkan ketika menilai aplikasi pinjaman individual, mereka tidak relevan untuk tujuan pembatasan batas kredit negara.

Fungsi Batas Kredit Negara

Batas Kredit Negara berfungsi untuk membantu bank memastikan bahwa risiko mereka terdiversifikasi dengan baik secara geografis. Jika bagian signifikan dari portofolio pinjaman bank terkonsentrasi di hanya beberapa negara asing, bank mungkin terlalu terpapar risiko politik, ekonomi, dan mata uang yang terkait dengan negara-negara tersebut. Oleh karena itu, bank menggunakan batasan negara untuk mendiversifikasi portofolio pinjaman mereka sama seperti investor berusaha untuk mendiversifikasi portofolio saham mereka.

Faktor Penentu Batas Kredit Negara

Banyak faktor yang digunakan sebagai pengukur untuk menentukan batas kredit suatu negara. Stabilitas politik negara adalah yang paling diperhatikan, karena kerusuhan politik di negara asing dapat mengakibatkan gagal bayar pinjaman, terlepas dari stabilitas peminjam pribadi atau institusi. Bahkan, bahkan di negara-negara yang secara politik stabil, iklim politik harus dipertimbangkan ketika menetapkan batas negara, karena iklim politik suatu negara memiliki pengaruh kuat terhadap stabilitas keuangan dan kebijakan ekonomi.

Selain dari risiko politik yang dirasakan, faktor utama lainnya adalah kekuatan ekonomi negara-negara tersebut. Negara-negara dengan ekonomi yang kuat dan terdiversifikasi dapat diberikan batas negara yang lebih tinggi, karena peminjam di negara-negara tersebut akan lebih cenderung membayar utang mereka. Sebaliknya, negara-negara dengan ekonomi lemah akan menerima batas negara yang lebih rendah — khususnya jika mereka menderita inflasi yang parah dan nilai mata uang yang tidak stabil.

Bank juga mempertimbangkan lingkungan pengaturan negara ketika mempertimbangkan batas negara mereka. Secara umum, bank lebih suka beroperasi di negara-negara dengan peraturan yang lebih sedikit di mana bank relatif bebas melakukan bisnis. Di sisi lain, negara-negara dengan sistem peraturan yang terlalu terbelakang mungkin rentan terhadap peningkatan penipuan dan korupsi, yang dapat merusak kepercayaan bisnis dan mengurangi batas negara.

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Perbankan

Segala sesuatu yang menyangkut tentang bank, mencakup kelembagaan, kegiatan usaha, serta cara dan proses dalam melaksanakan kegiatan usahanya (banking).

Selengkapnya

Bank

“Badan usaha di bidang keuangan yang menarik dan mengeluarkan uang dalam masyarakat, terutama memberikan kredit dan jasa dalam lalu lintas pembayaran dan peredaran uang.”

Selengkapnya

Batas Kredit

Jumlah maksimum kredit yang dapat diberikan dan atau disediakan oleh bank atau perusahaan tertentu kepada nasabah debiturnya, baik dalam rangka pemenuhan perjanjian kredit maupun jumlah maksimum dalam penggunaan kartu kredit (credit limit).

Selengkapnya

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo