• Produk
  • Promo
  • Artikel
Kamus Keuangan

Batas Kredit Antar Bank

Batas jumlah pembayaran hingga pada tingkat tertentu yang disepakati dalam perjanjian antarbank peserta peserta kliring; tujuannya untuk membatasi risiko kredit saat itu (intraday) pada waktu pembayaran kepada anggota kliring lain disetujui, sedangkan tambahan dana untuk pelaksanaan transfer tersebut belum diterima dari bank-bank lain; bank menghadapi risiko jika bank lain, karena sesuatu hal, tidak dapat memenuhi kewajibannya terhadap bank lain yang berhubungan (billateral credit limit).

Otoritas Jasa Keuangan

Apa Itu Batas Kredit Antar Bank?

Batas kredit antar bank adalah jumlah maksimum kredit yang bisa dipinjam oleh satu bank ke bank lain. Jumlah batas kredit ini merupakan kesepakatan antar bank peserta kliring. Jadi, misalnya batas kredit antar bank adalah Rp100 miliar, maka bank A hanya dapat meminjam senilai tersebut ke bank B atau bank-bank peserta kliring lainnya.

Tujuan Penetapan Batas Kredit

Penetapan batas kredit bertujuan untuk menekan risiko kredit. Misalnya bank pada saat itu harus membayarkan kliring ke nasabahnya, namun tambahan dana untuk biaya transfer belum diterima dari bank-bank lainnya. Singkat kata, penetapan batas kredit dilakukan untuk meminimalisir risiko terhadap bank yang tidak bisa memenuhi kewajibannya (membayar kredit) terhadap bank lain.

Batas Kredit Antar Bank dalam Saham

Dalam perdagangan sekuritas di hari yang sama, satu bank hanya dapat meminjam dana ke bank lain dalam batas kredit antar bank. Namun di akhir perdagangan, satu bank memungkinkan untuk meminjam lebih dari batas kredit antar bank asalkan bank lain meminjam jumlah yang setara kepada bank lain. Misalnya, batas kredit antar bank adalah Rp100 miliar, maka Bank A bisa meminjam ke bank B sebesar Rp150 miliar, dengan catatan Bank B meminjam Rp50 miliar (selisih dari batas antar bank) di hari perdagangan yang sama.

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Batas Kredit

Jumlah maksimum kredit yang dapat diberikan dan atau disediakan oleh bank atau perusahaan tertentu kepada nasabah debiturnya, baik dalam rangka pemenuhan perjanjian kredit maupun jumlah maksimum dalam penggunaan kartu kredit (credit limit).

Selengkapnya

Kliring

"Perhitungan utang piutang antara para peserta kliring secara terpusat di satu tempat dengan cara saling menyerahkan surat-surat berharga dan surat-surat dagang yang telah ditetapkan untuk dapat diperhitungkan (clearing)."

Selengkapnya

Bank

“Badan usaha di bidang keuangan yang menarik dan mengeluarkan uang dalam masyarakat, terutama memberikan kredit dan jasa dalam lalu lintas pembayaran dan peredaran uang.”

Selengkapnya

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo