• Produk
  • Promo
  • Artikel
Kamus Keuangan

Batas Bawah

Tingkat bunga minimum yang dapat diterapkan pada pinjaman dengan bunga mengambang atau variabel; batas bawah sering dikaitkan dengan batas atas; batas bawah melindungi kreditur dari jatuhnya tingkat bunga yang drastis, sedangkan batas atas menjamin debitur bahwa biaya pinjaman tidak akan naik secara besar-besaran; penggunaan batas bawah dan batas atas secara kontinu disebut collar (floor).

Otoritas Jasa Keuangan

Apa Itu Batas Bawah?

Batas bawah adalah titik minimum dalam ukuran sesuatu. Misalnya batas bawah bensin bisa dilihat pada indikator bensin di kendaraan bermotor. Tujuannya untuk melihat banyaknya bensin. Makin menyentuh batas bawah, berarti bensin kendaraan tersebut sudah mau habis dan harus diisi kembali. 

Dalam dunia keuangan, batas bawah dapat ditemukan pada urusan saham. Pada saham, batas bawah harga saham adalah jumlah minimal harga saham yang bisa dibeli. Misalnya, batas bawah harga saham adalah Rp50 per saham, maka saham yang memiliki harga di bawah itu harus dibeli dengan minimal harga tersebut dengan proporsinya yang disesuaikan dengan harga yang dibeli.

Dalam urusan kredit juga ada istilah batas bawah. Batas bawah pada kredit adalah titik minimum bunga yang diterapkan pada bunga pinjaman, baik itu bunga mengambang atau variabel. Tujuan penetapan batas bawah kredit agar kreditur tidak merugi saat jatuhnya tingkat bunga yang drastis.

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Saham

"bagian; andil; sero (tentang permodalan): --nya tertanam dalam berbagai perusahaan."

Selengkapnya

Bunga

"n Ek imbalan jasa untuk penggunaan uang atau modal yang dibayar pada waktu tertentu berdasarkan ketentuan atau kesepakatan, umumnya dinyatakan sebagai persentase dari modal pokok."

Selengkapnya

Batas Atas

Batasan jumlah tertinggi dalam transaksi perdagangan yang pembayarannya tidak secara tunai seperti menggunakan cek atau kartu kredit tanpa disertai otorisasi; pijakan dasar (floor limit).

Selengkapnya

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo