• Produk
  • Promo
  • Artikel
Kamus Keuangan

Batas Atas Jatuh Tempo

Perjanjian atau persepakatan yang melindungi peminjam dari kenaikan suku bunga tertinggi tertentu sehingga peminjam tidak akan membayar lebih dari suku bunga tersebut; atas perjanjian tersebut, peminjam dikenai biaya (cap fee) (interest rate cap).

Otoritas Jasa Keuangan

Apa itu Batas Atas Jatuh Tempo?

Batas Atas Jatuh Tempo adalah jenis derivatif suku bunga di mana pembeli menerima pembayaran pada akhir setiap periode di mana tingkat bunga melebihi strike price yang disepakati. 

Batas Atas Jatuh Tempo mengacu pada ketentuan yang mengatur kenaikan suku bunga pada produk kredit suku bunga variabel. Batas suku bunga adalah batas pada seberapa tinggi suku bunga dapat naik pada hutang tingkat-variabel. Batas tingkat bunga dapat dilembagakan di semua jenis produk tingkat variabel. 

Fungsi Batas Atas Jatuh Tempo

Batas Atas Jatuh Tempo berfungsi untuk memberi manfaat kepada peminjam dalam lingkungan tingkat bunga yang terus meningkat. Batas tersebut juga dapat membuat produk dengan tingkat bunga variabel lebih menarik dan layak secara finansial bagi pelanggan. 

Bentuk Batas Atas Jatuh Tempo pun bermacam-macam, pemberi pinjaman memiliki fleksibilitas dalam menyesuaikan bagaimana batas suku bunga dapat disusun. Mungkin ada batas keseluruhan pada bunga untuk pinjaman, batasnya adalah suku bunga yang tidak akan pernah bisa dilampaui oleh pinjaman. Artinya, berapa pun tingkat bunga yang naik selama masa pinjaman, suku bunga pinjaman tidak akan pernah melebihi batas suku bunga yang telah ditentukan.

Penentuan Batas Atas Jatuh Tempo

Keterbatasan struktur Batas Atas Jatuh Tempo dapat bergantung pada produk yang dipilih peminjam saat memilih hipotek atau pinjaman. Jika suku bunga naik, suku bunga akan menyesuaikan lebih tinggi, dan peminjam mungkin lebih baik memilih pinjaman suku bunga tetap sedari awal.

Meskipun hal ini membatasi kenaikan persentase, tingkat pinjaman masih meningkat dalam lingkungan tingkat kenaikan. Dengan kata lain, peminjam harus mampu membayar tingkat skenario terburuk pada pinjaman jika suku bunga naik secara signifikan.

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Batas Atas

Batasan jumlah tertinggi dalam transaksi perdagangan yang pembayarannya tidak secara tunai seperti menggunakan cek atau kartu kredit tanpa disertai otorisasi; pijakan dasar (floor limit).

Selengkapnya

Bunga

"n Ek imbalan jasa untuk penggunaan uang atau modal yang dibayar pada waktu tertentu berdasarkan ketentuan atau kesepakatan, umumnya dinyatakan sebagai persentase dari modal pokok."

Selengkapnya

Pinjaman Nisbah Tinggi

“Pinjaman hipotek yang jumlahnya mendekati nilai barang yang diagunakan yang nisbahnya lebih dari 80%; biasanya agunan yang bernisbah tinggi tersebut diasuransikan; misalnya, pinjaman hipotek di Indonesia adalah pinjaman untuk kredit pemilikan rumah.”

Selengkapnya

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo