• Produk
  • Promo
  • Artikel

Batal Mutlak

Sesuatu yang dinyatakan tidak berlaku oleh hakim karena perjanjian tidak memenuhi syarat yang ditentukan oleh hukum atau undang-undang (null and void).

Otoritas Jasa Keuangan

Apa itu Batal Mutlak?

Batal Mutlak kerap disebut dengan batal absolut, adalah semua perjanjian yang pernah dilakukan dianggap belum pernah ada karena belum memenuhi syarat, atau lain sebagainya. Mereka yang berhak menyatakan batalnya sebuah perjanjian (atau biasanya disebut kontrak) adalah hakim melalui putusannya.

Apa yang Membuat Kontrak Dianggap Batal?

Jika pengadilan memutuskan suatu kontrak batal, itu berarti kontrak tidak memiliki kekuatan atau efek, sehingga tidak ada pihak yang terikat olehnya dan tidak ada pihak yang dapat bergantung padanya. Biasanya, hal ini ada karena:

  1. Objek perjanjian ilegal atau bertentangan dengan kebijakan publik (pertimbangan yang melanggar hukum atau masalah pokok).
  2. Persyaratan perjanjian tidak mungkin dipenuhi atau terlalu samar untuk dipahami.
  3. Kurang pertimbangan.
  4. Adanya unsur penipuan (representasi fakta yang salah).

Apa Saja Unsur yang Bisa Membatalkan Kontrak?

Kontrak yang tidak sah, dalam hal ini merugikan atau hanya menguntungkan satu pihak biasanya memiliki unsur sebagai berikut:

  1. Adanya ancaman kepada satu pihak untuk menyetujui kontrak tersebut.
  2. Ketika satu pihak berada di bawah pengaruh yang tidak semestinya.
  3. Adanya kesalahan dalam kontrak.
  4. Satu pihak melanggar ketentuan kontrak.

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Klausul Denda

Klausul yang terdapat di dalam suatu kontrak atau penjanjian pinjam-meminjam atau instrumen tabungan mengenai pengenaan denda apabila ketentuan kontrak tidak dipenuhi, atau pembayaran kembali pinjaman tertunda atau penarikan tabungan sebelum jatuh tempo (penalty clause).

Selengkapnya

Dokumen

“surat yang tertulis atau tercetak yang dapat dipakai sebagai bukti keterangan (seperti akta kelahiran, surat nikah, surat perjanjian.”

Selengkapnya

Force Majeure

"n keadaan yang ada di luar kekuasaan seseorang; keadaan kahar."

Selengkapnya

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo