• Produk
  • Promo
  • Artikel
Kamus Keuangan

Barter

"bar.ter /bartêr/"

"n perdagangan dengan saling bertukar barang."

Kamus Besar Bahasa Indonesia

"Cara perdagangan dengan tukar menukar barang atau jasa tanpa menggunakan uang (barter)."

Otoritas Jasa Keuangan

Apa Itu Barter?

Barter merupakan sistem perdagangan yang di dalamnya terdapat kegiatan tukar-menukar barang tanpa melibatkan uang sebagai alat transaksi. Sistem barter pada awalnya digunakan saat sebelum terdapat mata uang, dan sistem ini dijalankan pertama kali oleh Suku Mesopotamia sekitar tahun 600 Masehi. Tidak hanya barang, sistem barter pun bisa dilakukan dengan adanya pertukaran jasa selama hal tersebut bisa dianggap sebagai alat tukar. Sesuatu yang bisa ditukar harus bisa diterima dan disetujui bagi penerimanya baik dari segi fungsi maupun bentuk.

Contoh Barter

Dalam sejarah, tepat pada awal tahun 1930, Universitas Oxford dan Universitas Harvard menggunakan sistem barter dengan alasan karena pada saat itu alat tukar uang mengalami kelangkaan. Setiap mahasiswa yang ingin masuk atau mendaftar Universitas Oxford atau Universitas Harvard harus membayarkan biaya kuliah mereka dengan berbagai macam barang, seperti bahan makanan atau hewan ternak.

Di zaman modern ini, meskipun sistem barter tak sesering terlihat seperti di zaman dahulu, saat ini sistem barter masih bisa ditemukan di lingkungan sekitar. Sistem tukar tambah yang ada saat ini pun berakar dari sistem barter di mana sang pembeli dan penjual harus menukar barang mereka. Sebagai contoh, sistem barter pada saat ini adalah ketika Ammar ingin membeli sepatu futsal kepunyaan Sandi, namun Ammar tak memiliki cukup uang sehingga menawarkan tas ransel favoritnya untuk dijadikan alat tukar. Sandi pun menerimanya karena Sandi juga menyukai tas ransel Ammar.

Jenis Barter

Berikut adalah tiga jenis barter yang masih berlaku hingga saat ini, yaitu:

Barter Langsung

Barter langsung memungkinkan kedua belah pihak antara pemberi dengan penerima melakukan kegiatan menukar barang secara langsung.

Barter Alih

Barter alih adalah momen saat suatu negara menerima barang hasil kegiatan barter namun negara penerima hasil barter tidak bisa memanfaatkan hasil barter dengan baik. Akhirnya, hasil barter tersebut dialihkan ke negara lain yang bisa memanfaatkannya.

Barter Imbal Beli

Barter imbal beli memerlukan kerjasama saat ingin membeli barang atau jasa yang sedang dibutuhkan.

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Harta

"n barang (uang dan sebagainya) yang menjadi kekayaan; barang milik seseorang."

Selengkapnya

Lelang

"n penjualan di hadapan orang banyak (dengan tawaran yang atas-mengatasi) dipimpin oleh pejabat lelang"

Selengkapnya

Bisnis

"n usaha komersial dalam dunia perdagangan; bidang usaha; usaha dagang: bekerja di bidang -- kepariwisataan."

Selengkapnya

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo