• Produk
  • Promo
  • Artikel
Kamus Keuangan

Barang Ternama

Barang berciri khusus dan bermerek terkenal yang dibeli atas pertimbangan mereknya (specialty goods).

Otoritas Jasa Keuangan

Apa Itu Barang Ternama?

Barang ternama atau biasa yang dikenal sebagai Speciality Goods adalah barang yang harganya tidak menjadi faktor penentu dalam pengambilan keputusan pembeli, pada umumnya yang menjadi bahan pertimbangan konsumen untuk memperoleh speciality goods ini dikarenakan kualitas, gaya, kelangkaan dan preferensi pribadi. Contohnya; Barang antik, baju desainer ternama, sampai barang elektronik yang sifatnya limited edition.

Ciri-ciri Barang Ternama

Barang ternama memiliki karakteristik unik dan atau identifikasi merek yang untuk sekelompok pembeli yang cukup besar bersedia senantiasa melakukan usaha khusus untuk membelinya. Karateristik barang ternama yaitu;

  1. Barang-barang yang dibeli atas dasar suatu merk/brand yang tertentu, konsumen biasanya terpengaruh atas/oleh ciri-ciri khas daripada barang yang telah diiklankan sebelumnya.
  2. Harganya relatif lebih tinggi sehingga produsen dari kelompok ini tergantung sekali kepada dealer yang akan membeli.

Tingkatan Barang Ternama

Untuk memenuhi kebutuhannya, manusia harus memiliki skala prioritas, karena keinginan manusia yang tidak terbatas, sedangkan alat pemuas kebutuhan yang sangat terbatas. Tingkatan produk membentang mulai dari kebutuhan-kebutuhan dasar hingga barang-barang khusus yang memuaskan kebutuhan manusia. Hirarki prioritas produk tersebut memiliki enam tingkatan yaitu;

  1. Keluarga Kebutuhan (need family) adalah kebutuhan inti yang mendasari keberadaan suatu kelompok produk.
  2. Keluarga Produk (Product family) adalah semua kelas produk yang dapat memenuhi kebutuhan inti dengan lumayan efektif.
  3. Kelas Produk (Product class) adalah sekelompok produk dalam keluarga produk yang diakui mempunyai ikatan fungsional tertentu.
  4. Lini Produk (Product line) adalah sekelompok produk dalam kelas produk yang saling terkait erat karena produk tersebut melakukan fungsi yang sama, dijual kepada kelompok pelanggan yang sama, dan dipasarkan melalui saluran yang sama, atau masuk kedalam rentang harga tertentu.
  5. Jenis Produk (Product type) adalah sekelompok barang dalam lini produk yang sama-sama memiliki salah satu dari beberapa kemungkinan bentuk produk tersebut.
  6. Barang (Item) dapat juga disebut unit pencatatan persediaan (Stockeeping unit) atau varian produk (product variant), unit tersendiri dalam suatu merk atau lini produk yang dapat dibedakan berdasarkan ukuran, harga, penampilan, atau suatu ciri lain.

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Barang Konsumsi

Barang yang dipakai secara langsung atau tidak langsung oleh konsumen untuk keperluan pribadi atau rumah tangga yang bersifat sekali habis; barang tersebut berbeda dengan barang yang digunakan dalam proses produksi (consumption goods; consumer goods).

Selengkapnya

Ilmu Ekonomi

"n: ilmu tentang produksi, distribusi, dan konsumsi barang, serta berbagai masalah yang bersangkutan dengan itu, seperti tenaga kerja, pembiayaan, dan keuangan;ilmu pengetahuan tentang kegiatan sosial manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya yang diperoleh dari lingkungannya."

Selengkapnya

Pasar

1. tempat umum untuk menjual dan membeli barang; 2. bertemunya penjual dan pembeli barang atau jasa, tidak selalu harus ada tempat secara fisik, misalnya pasar uang (market).

Selengkapnya

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo