• Produk
  • Promo
  • Artikel
Kamus Keuangan

Barang Mutu Rendah

Barang tertentu yang konsumsinya meningkat apabila penghasilan konsumennya menurun dan konsumsinya menurun apabila penghasilan konsumennya meningkat (inferior goods).

Otoritas Jasa Keuangan

Barang inferior adalah barang yang jumlah permintaannya akan turun seiring dengan peningkatan pendapatan masyarakat.

Wikipedia

Apa Itu Barang Mutu Rendah?

Dalam ilmu ekonomi, barang mutu rendah atau barang inferior adalah barang yang permintaannya menurun ketika pendapatan konsumen naik (atau permintaan meningkat ketika pendapatan konsumen menurun), tidak seperti barang normal, yang diamati sebaliknya. Barang normal adalah barang-barang yang permintaannya meningkat ketika pendapatan konsumen naik. Ini akan menjadi kebalikan dari barang superior, barang yang sering dikaitkan dengan kekayaan dan orang kaya, sedangkan barang mutu rendah seringkali dikaitkan dengan kelompok sosial ekonomi yang lebih rendah.

Contoh Barang Mutu Rendah

Ada banyak contoh barang mutu rendah yang bisa ditemukan sehari-hari. Barang mutu rendah yang sering ditemui mungkin adalah barang-barang yang seringkali digunakan sehari-hari termasuk mie instan, makanan cepat saji, dan makanan beku. Ketika orang memiliki pendapatan yang lebih rendah, mereka cenderung membeli produk-produk semacam ini. Tetapi ketika pendapatan mereka naik, mereka lebih sering memilih untuk membeli barang-barang yang lebih mahal.

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Pasar

1. tempat umum untuk menjual dan membeli barang; 2. bertemunya penjual dan pembeli barang atau jasa, tidak selalu harus ada tempat secara fisik, misalnya pasar uang (market).

Selengkapnya

Ilmu Ekonomi

"n: ilmu tentang produksi, distribusi, dan konsumsi barang, serta berbagai masalah yang bersangkutan dengan itu, seperti tenaga kerja, pembiayaan, dan keuangan;ilmu pengetahuan tentang kegiatan sosial manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya yang diperoleh dari lingkungannya."

Selengkapnya

Barang Konsumsi

Barang yang dipakai secara langsung atau tidak langsung oleh konsumen untuk keperluan pribadi atau rumah tangga yang bersifat sekali habis; barang tersebut berbeda dengan barang yang digunakan dalam proses produksi (consumption goods; consumer goods).

Selengkapnya

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo