• Produk
  • Promo
  • Artikel

Barang Kiriman

Barang-barang yang akan dikapalkan atau yang akan dikirim dari penjual ke tempat pembeli (freight).

Otoritas Jasa Keuangan

Barang kiriman adalah barang yang dikirim oleh pengirim tertentu di luar negeri kepada penerima tertentu di dalam negeri.

Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Indonesia

Apa Itu Barang Kiriman?

Barang kiriman khususnya merujuk pada barang atau produk yang disampaikan untuk keuntungan komersial - bisa lewat air, udara atau darat. Barang kiriman awalnya adalah muatan kapal, namun sekarang dapat mencakup semua jenis barang, termasuk yang dibawa dengan kereta api, van, truk, atau kontainer antar moda. Istilah barang kiriman juga digunakan untuk barang-barang dalam rantai-dingin (cold-chain), karena inventaris yang mudah rusak selalu dalam perjalanan menuju penggunaan akhir, bahkan ketika disimpan di ruang penyimpanan dingin atau fasilitas lain yang dikendalikan iklim serupa. Istilah angkutan umum digunakan untuk menggambarkan pergerakan arus barang yang diangkut oleh moda transportasi apa pun.

Kategori Barang Kiriman

Pengangkutan barang kiriman biasanya diatur dalam berbagai kategori pengiriman sebelum diangkut. Kategori item ditentukan oleh:

  • Jenis barang yang dibawa. Misalnya, panci bisa masuk ke dalam kategori 'barang rumah tangga'.
  • Seberapa besar pengiriman, dalam hal ukuran dan kuantitas barang.
  • Berapa lama barang untuk pengiriman akan dalam perjalanan.

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Bea

"Pungutan pajak yang ditetapkan oleh pemerintah atas barang atau komoditas yang berkaitan dengan ekspor dan impor atau yang dianggap perlu dikenakan pajak (duty)."

Selengkapnya

Pengangkutan Di Darat

Jenis kegiatan ekonomi berupa pemberian jasa angkutan barang atau orang di darat, seperti yang dilakukan oleh perusahaan bus dan taksi (land transportation).

Selengkapnya

Ekspor

/ékspor/

Selengkapnya

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo