• Produk
  • Promo
  • Artikel
Kamus Keuangan

Bantuan Luar Negeri

Bantuan dana yang berasal dari luar negeri sebagai pinjaman atau utang pemerintah (foreign aid).

Otoritas Jasa Keuangan

Apa Itu Bantuan Luar Negeri?

Bantuan luar negeri adalah uang yang secara sukarela ditransfer oleh satu negara ke negara lain, yang dapat berupa hadiah, hibah, atau pinjaman. Definisi bantuan yang lebih luas termasuk uang yang dikirim lintas batas oleh organisasi keagamaan, organisasi non-pemerintah (LSM) dan yayasan. Beberapa berpendapat bahwa remisi harus dimasukkan, tetapi jarang dianggap sebagai bantuan.

Keuntungan dan Kerugian Bantuan Luar Negeri

Alasan ekonomi yang menguntungkan untuk memberikan bantuan luar negeri kepada negara lain:

  • Alasan kemanusiaan
  • Meningkatkan citra internasional negara tersebut
  • Membangun hubungan kerja yang positif dengan pemerintah lain
  • Untuk mempromosikan kondisi untuk perdamaian dan stabilitas. Karena banyak pemerintah yang benar-benar percaya jika negara penerima bantuan akan lebih aman.

Argumen ekonomi yang merugikan jika memberikan bantuan asing:

  • Menurut para kritikus, bantuan luar negeri tidak mendorong pertumbuhan yang lebih cepat, tetapi dapat menahannya dengan mengganti tabungan dalam negeri dan investasi.
  • Pertumbuhan sektor modern adalah fokus bantuan. Akibatnya, hal itu meningkatkan kesenjangan dalam standar hidup antara si kaya dan si miskin di negara-negara Dunia Ketiga.
  • Jika bantuan yang diberikan berkaitan dengan bidang yang tidak produktif atau teknologi lama, itu akan berdampak pada peningkatan inflasi di negara tersebut.
  • Keberatan yang paling menonjol adalah bahwa negara-negara donor mengganggu kegiatan ekonomi dan politik negara penerima.

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Bank Dunia

"Lembaga keuangan yang didirikan berdasarkan konferensi di Bretton Woods pada 1944 dengan tujuan membantu rekonstruksi dan pembangunan ekonomi negara-negara anggotanya serta memajukan investasi swasta dan perdagangan internasional (World Bank International Bank for Reconstruction and Development/IBPD)."

Selengkapnya

Asosiasi Pengembangan Internasional

Lembaga keuangan internasional yang dikelola oleh bank dunia dengan tujuan membantu pemerintah negara-negara anggota yang belum maju untuk membiayai pembangunan dengan memberikan pinjaman lunak (International Development Association; IDA, World Bank Group) asosiasi simpan pinjam asosiasi tabungan yang tidak menerbitkan saham modal (capital stock) asosiasi tersebut dimiliki dan dikendalikan oleh para penabung dan peminjamnya yang merupakan anggota; anggota tersebut tidak berbagi keuntungan sebab lembaga ini merupakan lembaga nirlaba (mutual association).

Selengkapnya

Bank Pembangunan Multilateral

Lembaga keuangan internasional yang ditugasi untuk memberikan bantuan keuangan dan bantuan teknis kepada negara-negara berkembang dalam rangka meningkatkan pertumbuhan ekonominya; lembaga ini dibiayai dengan dana yang berasal dari sumbangan para anggotanya dan dari pinjaman yang berasal dari pasar modal internasional; lingkup operasinya dapat mencakup seluruh dunia (grup bank dunia), wilayah tertentu (Bank Pembangunan Amerika atau Bank Pembangunan Asia) atau lembaga khusus (Bank Pembangunan Karibia atau Bank Pembangunan Afrika timur) (multilateral development bank).

Selengkapnya

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo